Tanya Kenapa-Pensil 2B Menjadi Standart Untuk Ujian?

Tanya Kenapa Pensil 2B

Pensil 2B sudah sangat umum dalam masyarakat utamanya anak-anak sekolah. Anak sekolah, Mahasiswa hingga kalangan umum akan mencari alat tulis jenis ini untuk berbagi kepentingan terutama ujian. Apa sebenarnya pensil jenis ini dan tanya kenapa selalu jadi istimewa saat ujian yang menggunakan sistem komputer?

Batu Alam Yang Bernilai Bernama Pensil.

Percaya atau tidak sebelum jadi barang yang umum, bahan pensil sangat bernilai. Pada tahun 1565 seorang naturalis bernama Conrad Gesner pertama kali mendeskripsikan alat tulis granit yang kemudian tambangnya ditemukan di Inggris dan menjadi populer karena fungsinya.

Lalu pada ditemukn tahun 1794 ketika pecah perang antara Prancis dan Inggris, Nicolas-Jacques Conté tidak lagi mengambil granit dari Inggris dan berusaha menemukan solusi dengan menggunakan granit yang ada seminimal mungkin. Ia membentuk granit menjadi serpihan, memberikan tanah liat dan dipanggang hingga membentuk alat tulis ramping yang dikenal sekarang. Selama beberapa tahun banyak inovator yang memperbaiki penemuan Conte.

Baca juga:  TanyaKenapa Sinar Matahari Berwarna Kuning, Merah, Atau Orange?

Lalu teknik ini menyebar sampai ke Amerika. Ketika tambang granit ditemukan di benua itu, Charles Dunbar bersama saudaranya membuka bisnis alat tulis dengan menawarkan jenis yang bermacam-macam. Dengan mengembangkan teknik baru Dunbar dan saudaranya mendapatkan bermacam-macam tekstur dari paling lembut (nomor 1) hingga paling keras (nomor 4) yang kita kenal sekarang.

2B Dan Sebuah Kode.

Penemuan pensil terus berkembang dengan berbagai bentuk dan model. Mulai model pensil dan penghapus yang ada pada satu alat tulis hingga jenis yang tipis mirip dengan pena. Walaupun bentuk dan modelnya beraneka ragam nyatanya penomoran alat tulis ini pun masih ada dan menjadi sebuah standart tersendiri.

Untuk pengkodeannya sebenarnya ada banyak. Kode “B” pada alat tulis ini untuk mengukur tingkat kehitaman dan ketebalan granit. Ukuran 4B lebih hitam dan keras daripada ukuran 2B bahkan ukuran 1B. Sedangkan kode “H” untuk mengukur tingkat kekerasan pada pensil. Semakin tinggi tingkat H semakin keras benda itu. Lalu untuk penggabungan “HB” merupakan singkatan untuk keras dan hitam.

Baca juga:  TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

Tipe 2B merupakan pilihan yang tepat untuk kertas lembar ujian. Pasalnya ukuran 2B memiliki tingkat kehitaman yang tidak pekat dan tidak tipis sehingga ketika terhapus ia tidak meninggalkan sisa kehitaman. Alat tulis 2B ini juga tergolong lunak sehingga tidak mudah merobek lembar jawaban ketika menghitami lembar jawaban. Jika menggunakan pensil 1B komputer akan kesulitan membaca jawaban pada kertas karena tidak terlalu hitam (kecuali kamu sangat sangat menekan benda ini ketika menjawab). Jika menggunakan pensil 4B ketika menghapus maka akan meninggalkan jejak kehitaman pada kertas dan sistem komputer akan membaca dua jawaban pada lembar jawaban ujian. Oleh karena itu pensil 2B menjadi standart untuk ujian dengan sistem komputerisasi.

Baca juga:  TanyaKenapa - Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

Apa dari kalian pernah ada yang menggunakan pensil selain 2B? Bisa dong berbagi pengalaman di kolom komentar.

Source:
britannica.com
npr.org

KOTAK POS