Resensi-Atomic Habit. Benarkah Sesuatu Yang Kecil Lebih Baik Dari Yang Besar?

Pojokan kali ini mau membahas tentang kebiasaan. Tentunya kebiasaan yang baik ya. Tapi, apakah benar kalau melakukan kebiasaan baik itu butuh perjuangan dan tidak mudah. Ya, itu benar sekali. Lalu bagaimana James Clear memberikan tips agar membangun kebiasaan baik itu bisa berjalan? Dalam bukunya Atomic Habit yang ia memberikan beberapa tips “sehat”. Bagaimana ini bukunya?

Esensi Atomic Habit

James clear menulis atomic habit bermaksud memberikan pengalamannya yang berharga dari seorang yang gagal sebagai pemain base ball menjadi seorang penulis blog yang memiliki pembaca setia. Atomic habit merupakan cara yang ia terapkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan membentuk kebiasaan-kebiasaan baik yang memajukan kehidupannya setiap hari.

Dasar untuk melakukan perubahan dalam diri adalah menanamkan serangkaian ‘aktifitas kecil’ yang konsisten setiap hari. Kebanyakan orang gagal membangun ‘aktifitas kecil’ yang konsisten sehingga mereka banyak yang menunda dan pada akhirnya membawa rasa stress dan berdampak pada tidak adanya perubahan signifikan pada kehidupannya. Alasannya cukup sederhana yaitu mereka menganggap ‘aktifitas kecil’ yang konsisten terasa ribet, rumit dan membosankan. Hal itu sangat berbeda dan dirasa lebih ringkas jika dilakukan sekaligus dalam satu waktu. Ambil saja contoh mencicil pekerjaan rumah sedikit demi sedikit akan terasa berat dibandingkan dengan keinginan untuk menunda dengan alasan ‘mengumpulkan mood’. Lantas apa yang terjadi kemudian? Alasan tidak memiliki waktu, lupa hingga akhirnya deadline di depan mata membuat pekerjaan yang justru mengejar-ngejar dan membuat stress.

Baca juga:  Resensi - Why Men Want Sex and Woman Need Love. Cara Kerja Otak Pria Dan Wanita Dalam Melihat Cinta.

Esensi dari Atomic Habit adalah bagaimana membangun kebiasaan kecil yang mengarah pada perubahan kecil yang konsisten. Kebiasaan dan perubahan kecil yang konsisten akan membawa pada pencapaian kepuasan lebih lama. Sangat berbeda dengan perubahan besar yang langsung terjadi seperti keinginan kebanyakan orang. Mengapa justru perubahan besar yang terjadi secara instant tidak bertahan lama? James clear menjawab bahwa melakukan perubahan besar dalam waktu singkat akan membutuhkan tenaga yang besar dan tenaga yang besar itu tidak selalu ada setiap saat sehingga membuat orang lebih cepat kehilangan ‘selera’ melakukannya.

Kebiasaan adalah bunga majemuk dalam perbaikan diri. Sama halnya dengan uang yang menjadi berlipat-lipat karena bunga majemuk, pengaruh kebiasaan menjadi berlibat-lipat sewaktu anda mengulang-ulang kebiasaan itu.

Atomic Habit Hal.19

Perubahan Kecil Menjawab Keinginan Orang Tentang Perubahan Besar.

Ingin perubahan kecil membawa dampak? Maka lakukan hal-hal kecil secara konsisten untuk membangun kebiasaan yang membawa dampak pada perubahan yang kecil secara berkala. Kebiasaan kecil yang dilakukan secara terus menerus akan menjadi identitas baru seseorang. Identitas baru yang melekat pada seseorang itu lah yang menjadi penggerak untuk maju menuju perubahan-perubahan besarnya.

Baca juga:  Kisah Ramayana Yang MeFiktif ? Ini Kata Peneliti.legenda Ini Benar Fakta Atau

Apa yang harus dilakukan untuk bisa menciptakan dan beradaptasi dengan kebiasaan-kebiasaan kecil itu? Pertama, jadikan kebiasaan itu dapat terlihat. Jika sesuatu mudah terlihat maka mudah untuk mengingat. Contoh yang ingin membiasakan latihan yoga saat pagi hari bisa meletakkan pakaian berolahraga atau peralatan Yoga di samping tempat tidur dan saat melihatnya di pagi hari kita bisa teringat melakukan yoga. Kedua, Jadikan kebiasaan kecil itu menarik. Ketika melakukan yoga kita bisa sambil mendengarkan musik favorit atau bisa memakai pakaian favorit dikenakan saat Yoga. Ketiga, Jadikan kebiasaan itu mudah, dengan melakukan menyiapkan pakaian atau peralatan Yoga setidaknya membuat kita lebih mudah melakukan yoga di pagi hari dibandingkan dengan menyiapkan saat pagi harinya. Keempat, jadikan kebiasaan itu memuaskan. Kita tidak perlu membuat target yang besar, cukup bisa melakukan yoga selama 15 menit di setiap pagi selama satu minggu dan berikan diri kita penghargaan saat berhasil melakukannya.

Baca juga:  Resensi Buku Ini Mengingatkan Kita Pentingnya Hidup!

Buku ini padat dan banyak menyisipkan cerita-cerita orang terkenal. Isinya mengandung point-point yang padat untuk orang-orang yang ingin membangun kebiasaannya. Sayangnya, tidak banyak memberikan contoh riil tentang kasus-kasus yang umum seperti bagaimana dapat menerapkan atomic habut ini dalam mengasuh anak, bisnis, atau pendidikan dan karir. Jika pembaca ingin mengetahuinya, ia menyarankan untuk mengunjungi halaman website pribadinya.

Apakah ada dari kalian yang ingin mencoba mengembangkan kebiasaan baru? Ataukah ada yang sudah membaca dan mencoba tips dari atomic habit? Kalian bisa share pengalaman di kolom komentar ya!

KOTAK POS