TanyaKenapa-Langkah Harimau Tidak Terdengar?

TanyaKenapa Harimau

Harimau adalah hewan karnivora yang keberadaannya mulai teracam punah. Hewan ini sekilas hampir mirip dengan macan namun yang membedakan adalah kulitnya yang memiliki motif loreng atau bergaris. Hewan yang satu ini ternyata memiliki karakter unik dalam perilakunya salah satunya adalah langkah harimau yang senyap saat mereka berlari atau berburu mangsa. TanyaKenapa langkah harimau bisa terasa sunyi walau ia berlari?

Harimau Memiliki Bantalan Kaki Yang Empuk Dan Besar.

Struktur tubuh harimau memiliki keunikan tidak hanya dari bentuk bulu dan kulitnya, tetapi juga jari kakinya. Ia berjalan dengan jari kakinya yang memiliki bantalan empuk dan besar. Bantalan empuk dan besar ini nyatanya berisi lemak yang berfungsi sebagai peredam saat ia berjalan. Oleh karena itu, harimau bisa mengintai mangsanya tanpa diketahui oleh mangsa itu

Baca juga:  TanyaKenapa-Kayu Berderak Jika Terbakar? Ini Sebabnya!

Walaupun ia memiliki bantalan yang besar dan berlemak serta empuk, bantalan kakinya ini ternyata cukup sensitif. Jika harimau tanpa sadar menginjak sesuatu yang tajam, bantalan kakinya akan mengeluarkan darah yang cukup banyak. Selain itu, jika mencoba melintasi tanah yang panas, kakinya akan mudah terbakar dan melepuh namun dengan segera akan sembuh dengan beberapa jilatan dari mulutnya.

Bisa Memanjat Pohon Yang Cukup Tinggi.

Memiliki tubuh yang besar tidak membuatnya kalah dengan monyet untuk memanjat. Harimau bisa memanjat pohon untuk menangkap mangsa yang ada di atas sana dengan menggunakan kuku di jari-jarinya. Dengan bantalan empuk yang membuatnya tetap tenang saat mengintai dan kuku lengkungnya yang memudahkannya untuk memanjat membuatnya menjadi hewan yang sangat berbahaya di hutan.

Baca juga:  TanyaKenapa - Kita Masih Percaya Mitos ?

Walau ia disebut sebagai hewan yang bisa memanjat lagi-lagi karena berat tubuh dan kelengkungan cakar ini pula membuatnya mengalami kesulitan saat turun dari pohon. Tapi walau begitu bukan berarti hewan ini tidak bisa turun. Harimau tetap bisa turun dari pohon dengan baik dengan bantuan dari ekornya yang panjang. Saat ia akan turun dengan gerakan mundur, maka ekornya akan bergerak ke kanan dan ke kiri sebagai penyeimbang tubuhnya.

Hewan ini memang sangat menyeramkan ketika berada di hutan, namun hewan ini menjadi sangat penting dalam ekosistem kita. Sayangnya akibat perburuan liar dan banyaknya industri yang menggunakan bulu hewan ini membuatnya terancam punah di bumi. Mari kita selamatkan harimau yang masih ada untuk masa depan bumi yang lebih baik!

Baca juga:  TanyaKenapa Orang Kurang Kompeten Bisa Kepedean. Ada Yang Tahu ?

Source:
wwf.org.uk
jvbigcats.co.za
seaworld.org

KOTAK POS