Tanya Kenapa Nama Planet Kita Bumi Ya? Ada Yang Tahu?

Tanya Kenapa Planet Kita Disebut Bumi_

Mendapatkan pelajaran fisika pada masa SMP dan SMA banyak sekali informasi bahwa nama planet di tata surya kita mengambil nama dewa-dewi dari zaman Romawi. Dari 8 Planet hanya satu yang tidak memiliki nama dewa-dewi Romawi, itu adalah bumi (Earth). Mengapa dan Dari mana asalnya nama Earth atau bumi itu?

Dari Bahasa Inggris Kuno.

Jika kita bicara bahasa Inggris kata Earth (Bumi) berasal dari bahasa Jerman Kuno. Sebelum bahasa inggris yang kita kenal sekarang ada, bahasa tersebut merupakan evolusi dari bahasa Inggris-Jerman (Anglo-Saxon). Orang-orang jermanik itu bermigrasi ke Inggris dan beberapa dataran Eropa lain sehingga pengaruh budaya dan bahasanya sangatlah besar.

Merujuk pada 1,400 SM dimana saat itu bahasa Inggris menggunakan bahasa kuno, planet kita memiliki nama Erda yang berarti tanah. Kemudian terjadi pergeseran menjadi eorthe atau ertha dan pada akhirnya menjadi earth. Dahulu orang pada masa lampau tidak mengetahui konsep planet dan tidak mengetahui bahwa bumi kita ada dalam jajaran tata surya. Konsep tata surya sendiri baru ada pada masa Romawi dan Babylonia sehingga planet-planet selain bumi memiliki nama.

Baca juga:  TanyaKenapa - Galaksi Disebut Milky Way ?

Nama Bumi Hasil Konstruksi Budaya.

Manusia pada masa peradaban awal tidak mengerti tentang apa itu tata surya, galaksi, atau planet. Dalam pandangan mereka tempat yang mereka huni adalah tanah luas dengan pepohonan, udara serta perairan yang cukup. Oleh karena itu, nama bumi (earth) saat itu memiliki arti tanah. Pembentukan nama bumi bisa jadi merupakan hasil konstruksi budaya yang meluas. Contoh lain seperti Dunya (Turki) memiliki arti tanah, begitu juga dengan Bumi/Bhumi (Indonesia) dari bahasa sansekerta yang berarti tanah.

Setiap negara memiliki nama yang berbeda untuk bumi. Tetapi, tetap saja semua itu memiliki arti tanah atau dataran. Nama bumi memang berbeda dengan nama planet di tata surya kita. Walau begitu, bumi merupakan tempat yang paling cocok sebagai tempat tinggal manusia. Bagaimana menurutmu setelah mengetahui ceritanya?

Baca juga:  TanyaKenapa Kita Meniup Lilin Saat Ulang Tahun. Ini Alasannya !

Source:
nineplanets.org
livescience.com
sciencefocus.com

KOTAK POS