Darah bombay phenetotype

Design by canva.com

Di dunia ini ternyata banyak sekali jenis golongan darah, tetapi yang kita kenal adalah golongan darah A,B,O,dan AB. Jenis dari golongan darah ini bisa dibedakan lagi berdasarkan resusnya ada yang positif atau negatif bahkan tidak resus Rh atau null. Nah, bagaimana dengan fenomena Bombay Phenetotype yang menjadi fenomena langka pada jenis golongan darah ini?

Golongan Darah Langka Ditemukan Di India.

Mendengar nama Bombay sudah kebayang negara India (kota ini sekarang memiliki nama Mumbai). Yup, bener banget! Golongan jenis ini sebenarnya lahir di India pada tahun 1952. Cukup lama juga ya teman! Penemu golongan ini seorang dokter bernama Dr. Y. M. Bhende. Golongan dengan fenetotip ini bernama golongan darah hh.

Baca juga:  5 Pertanyaan Ilmu Pengetahuan Yang Belum Selesai. Apa Saja Sih ?

Darah dengan bombay phenetotype atau fenetotip bombay sangat langka. Pada suatu populasi dunia bisa saja empat dari satu juta orang memiliki golongan jenis ini sehingga orang yang dengan golongan hh atau fenetotif. Sayangnya, jenis golongan ini jarang bisa menemukan stok darah jika terjadi kekurangan.

Pemilik Fenetotip Bisa Memberi Tetapi Tidak Bisa Menerima.

Bombay Fenetotip ini merupakan jenis golongan yang hanya bisa memberi tetapi tidak bisa menerima alias tipe pendonor sejati. Struktur dari golongan dengan fenetotip ini bisa memberi ke semua jenis golongan seperti A,B,AB, dan O, kecuali antigen Rh. Dalam darah dengan fenetotip bombay tidak memiliki antigen H dalam sel darahnya (antigen yang memproduksi antigen A dan B) seperti golongan O yang memiliki sedikit antigen H sehingga mereka menyebutnya sebagai Hh.

Baca juga:  Wood's Cycad - Tanaman Purba Yang Hidup Hingga Saat Ini!

Karena golongan dengan fenetotipe bombay ini memiliki tidak antigen H sebagai hasilnya ia tidak bisa menerima dari golongan lain seperti A yang memiliki antigen A, B, AB, bahkan O yang memiliki sedikit antigen H sekalipun (O normal). Pemilik fenetotip bombay ini akan menganggap antigen H, A, atau B sebagai musuh. Mereka hanya bisa menerima donor dari golongan yang memiliki antigen yang sama. Jika mereka menerima dari golongan yang berbeda akan membuat mereka menderita hemolitik akut (ketidakcocokan donor yang parah).

Adakah dari kalian yang memiliki golongan dengan antigen ini? Yuk kamu bisa sharing tetang hal itu pada kolom komentar!

Source:
ncbi.nlm.nih.gov
researchgate.net

KOTAK POS