Mendengar kata pentagon, banyak dari pembaca yang pasti sudah mengenalnya sebagai gedung pencakar langit di Amerika Serikat. Gedung ini pun dikenal sebagai gedung pertahanan militer milik Amerika yang diserang oleh teroris pada tanggal 11 September 2001. Namun, selain dikenal karena penyerangan 11 September sebagian orang tidak tahu bahwa gedung ini dibangun pada tanggal yang sama. Hah, maksudnya?

Pentagon Menjadi Rumah Tentara.

President Amerika Serikat Franklin D. Roosevelt mengumumkan status darurat untuk perang, ketika Nazi berhasil melakukan serangan mendadak ke Uni Soviet dan menduduki sebagian besar negara Eropa. Ketika pengumuman itu, banyak tentara Amerika yang dikerahkan sehingga jumlahnya semakin banyak dan membutuhkan markas yang juga tidak kecil. Kemudian Roosevelt memberikan izin untuk membangun fasilitas markas yang bisa membantu pada masa darurat itu.

Jenderal George C. Marshall meminta bantuan kepala devisi kontruksi Amerika bernama Brigjen Brehon B. Somervell untuk membangun markas tentara sekaligus departement pertahanan sementara semasa perang. Somervell memiliki ide yang cukup berani untuk membangun markas sebesar 4 juta feet per segi atau sekitar 1,219,200 meter persegi dengan bentuk persegi lima asimetris. Somervell mempertimbangkan akan jumlah personil angkatan yang akan bergabung di kemudian hari. Namun, bangunan seluas itu tidak bisa di bangun di Washington dan pada akhirnya dibangun di wilayah Arlington.

Baca juga:  Daniel McFarlan Moore Inspirator Lampu Neon Saat Ini. Lalu Thomas Edison ?

Sayangnya, ketika hendak dibangun terjadi kontroversi saat undang-undang pembangunan pentagon akan disahkan di depan para senator. Sehingga, bangunan yang awalnya luasnya mencapai 1,219,200 meter persegi berubah lebih kecil dengan bentuk segi lima yang simetris. Hal ini juga mempertimbangkan adanya bangunan lain yang berdekatan seperti jalan, rumah penduduk dan juga gedung lain yang ada disekitarnya.

Bangunan Dengan Macam-Macam Fungsi.

Pembangunan pentagon dimulai pada tanggal 11 September 1941 dengan 3000 pekerja konstruksi. Saat Jepang menyerang Pearl Harbor, Somervell memperketat dan mempercepat pembangunan dengan menambah 10,000 hingga 15,000 pekerja yang bekerja tiga shift selama 24 jam. Dalam dua tahun, pentagon berhasil di selesaikan dengan bangunan yang lebih besar dan menghabiskan anggaran yang lebih banyak daripada rencana sebelumnya. Pentagon ini resmi dibuka pada tanggal 14 Juni 1943.

Baca juga:  Kaitan Susu Almond Dan Diet Di Abad Pertengahan, Kok Bisa !

Setelah perang dunia II fungsi pentagon banyak mengalami perubahan mulai dari kantor pertahanan negara, kemudian markas besar angkatan bersenjata ketika perang dingin, kemudian kembali lagi sebagai kantor pertahanan dan yang terakhir resmi sebagai departement pertahanan negara yang memusatkan angkatan termasuk angkatan udara, laut, darat, CIA dan badan keamanan negara lain berkantor di dalam satu gedung besar itu.

60 tahun setelah pembangunannya, pada 11 September 2001 terjadi insiden besar yang menewaskan banyak orang. Saat itu kira-kira pukul 9 pagi sebuah pesawat boing 757 yang dibajak oleh teroris menabrak pada sisi bangunan itu. Pada insiden itu setidaknya menewaskan 135 pekerja pentagon dan 64 penumpang pesawat termasuk 5 teroris di dalamnya. Setelah insiden itu pembangunan ulang pentagon dilakukan dan selesai pada Februari 2003 serta adanya penambahan monumen untuk korban serangan pembajakan pesawat pada bulan Maret 2003.

Baca juga:  Dua Kebakaran Besar Di Amerika, Salah Satunya..!

Bagaimana menurut kalian dengan bangunan pentagon ini? Dari kalian adakah yang sudah mengetahui informasi ini? Kalian bisa berbagi di kolom komentar dan share informasi ini ke temanmu ya!

Source:
history.com
britannica.com
defense.gov

KOTAK POS