Satursay-Anam Cara. Sebuah Filosofi Untuk Kata Soulmate.

Sebuah kata kadang bisa mewakili sebuah makna yang dalam. Dalam setiap bahasa yang ada, banyak kata-kata yang memiliki arti dimana dalam bahasa lain mungkin tidak ada terjemahannya. Dalam bahasa inggris biasanya disebut sebagai Lost In Translation. Namun kita tidak membahas Lost In Translation, Satursay kali ini kita akan membahas salah satu kata dari bahasa Gaelic yang dianggap indah dan merupakan padanan kata dari Soulmate yaitu Anam Cara. Apa itu dan Bagaimana sejarahnya kata itu disebut indah?

Anam Cara Sebuah Konsep Teman Sejati.

Bahasa gaelic adalah bahasa yang dipakai oleh orang-orang Irlandia. Kata anam cara ini ternyata sudah lama ada lho! Jauh sebelumnnya, pada abad 380 SM kata soulmate ini diambil dari karya plato yang berjudul “The Symposium”. Kemudian istilah ini diadaptasi oleg bangsa celtic dengan nama Anamcara (dilafalkan ahn-im-KAHR-uh). Anama cara adalah kata Gaelik kuno yang berarti teman sejati atau soulmate. Pada masa kuno orang-orang Celt Anam cara berperan sebagai penasihat kehidupan dan pembimbing spiritual.

Baca juga:  Ingin Anak Gemar Membaca. Awali Dengan #LiterasiKeluarga Sebagai #SahabatKeluarga !

Kemudian pada abad ke 6 M, setelah kedatangan misionaris daratan Eropa, wanita dan pria terus mengembangkan tradisi anamcara yang diwarisi dari leluhur penderta mereka. Selama berabad-abad anamcara ini menjadi mentor dan sahabat bagi orang-orang dari semua lapisan masyarakat yang merindukan hubungan yang lebih dalam dengan Yang Ilahi. Pada akhirnya, konsep anam cara ini meluas hingga dataran Eropa dan istilah ini tidak hanya berlaku untuk orang-orang bangsa celtic saja, tapi merupakan konsep global hingga yang kita kenal dengan istilah soulmate.

Anam Cara Muncul Dalam Keagamaan Hingga Sastra.

Kata anam cara ini tidak hanya dipakai dalam hal yang bersifat spriritual seperti yang pada zaman dahulu lakukan. Lingkupnya sudah meluas seperti yang dijelaskan oleh Edward C. Sellner seorang profesor teologi di College of St. Catherine, St Paul, Minnesota bahwa Anam cara digunakan sebagai pemandu spiritual untuk memandu para keturunan agar tetap selamat.

Baca juga:  Folklore Inggris - The Cauld Lad of Hilton

Keindahan kata anam cara ini tidak hanya terletak dari filosofinya yang dalam, tetapi juga penggunaan dalam karya sastra. Salah satu penulis yang juga seorang filsuf dan penyair Irlandia yang mengenalkan anam cara dalam karyanya adalah John O’Donohue dalam Anam Cara: A Book of Celtic Wisdom. Dalam karyanya O’Donohue menggambarkan anam cara sebagai cinta yang lebih luas dan tidak terbatas pada cinta romantis.

Wah, kata anam cara ini memang luas jika diperhatikan ya. Tidak hanya pada cinta romantis, cinta terhadap sesama pun bisa disebut anam cara. Adakah yang sudah tahu arti dari kata ini?

Source:
sacredartofliving.org
aislingmagazine.com
brainpickings.org

Ada komentar, ketikkan dibawah ini.