Rumah Tradisi-Vasant Panchami: Hari Raya Saraswati Versi India. Apa Menariknya?

Hari raya saraswati sendiri di Indonesia biasanya dilakukan dengan melakukan persembahyangan di pura atau di rumah masing-masing. Namun nyatanya tidak hanya di Indonesia, di India pun memiliki hari raya serupa yang dikenal sebagai Vasant Panchami. Apa itu Vasant Panchami dan apa menariknya? Simak di artikel ini!

Vasant Panchami

Umat Hindu memiliki hari raya saraswati yang diperingati setiap 210 hari pada penanggalan hindu. Hari raya saraswati sendiri di Indonesia biasanya dilakukan dengan melakukan persembahyangan di pura atau di rumah masing-masing. Selain itu, makna upacara Saraswati yang dilakukan di Indonesia adalah untuk memperingati hari turunnya Ilmu pengetahuan. Namun nyatanya tidak hanya di Indonesia, di India pun memiliki hari raya serupa yang dikenal sebagai Vasant Panchami. Apa itu Vasant Panchami dan apa menariknya?

Perayaan Musim Seni Dan Festival Seni

Vasant Panchami merupakan perayaan yang menandai awal musim semi dimana dikatakan juga sebagai musim panen. Pada perayaan ini orang-orang di India memuja dewi Saraswati dengan melakukan saraswati puja di rumah atau di kuil karena menganggap dewi saraswati adalah dewi ilmu pengetahuan, musik, seni, dan kebijaksanaan. Maka pada hari itu, orang-orang di India akan menngenakan pakaian berwarna kuning yang mana merupakan lambang warna dewi saraswati.

Baca juga:  Filosofi Sisu Bagi Orang Finlandia Ini Untuk Hidup Yang Lebih Baik. Yuk Intip Maknanya !

Pada hari Vasant Panchami, ada sebuah tradisi dimana orang india akan memberikan pelajaran pertama pada balita mereka tentang pendidikan yang disebut Vidyarambam. Selain itu, semua dekorasi hingga makanan akan didominasi oleh warna kuning. Vasant Panchami juga merupakan perayaan yang dilakukan 40 hari sebelum perayaan Holi dilaksanakan.

Kegiatan Pada Vasant Panachami

Orang-orang di India yang merayakan Vasant Panchami tidak hanya di dalam rumah, tetapi juga di institusi pendidikan seperti sekolah. Sebelum Vasant Panchami banyak hal yang dilakukan seperti membersikan dan mendekorasi rumah, menyiapkan peralatan sembahyang atau puja, serta mempersiapkan bahan untuk menu masakan pada perayaan ini.

Pada hari perayaan biasanya orang-orang India bangun lebih awal untuk mempersiapkan acara puja saraswati atau doa kepada dewi saraswati. Puja ini dilakukan sebagai bentuk terima kasih mereka kepada dewi saraswati yang sudah menurunkan ilmu pengetahuan, musik, seni dan kebijaksanaan. Sebelum melakukan puja biasanya mereka memasak menu untuk perayaan yang dijadikan persembahan saat puja dilaksanakan.

Baca juga:  Produktif Itu Perlu ! Jika Kamu Perlu Energi Produktif, Coba Metode Fika Dari Swedia.

Yang menarik adalah menu pada saat hari Vasant panchami ini juga didominasi oleh warna kuning. Selain itu, saat puja mereka akan membaca kitab weda dan juga akan meletakkan buku, alat tulis atau alat musik mereka untuk diberkati pada hari itu. Tidak hanya itu, setelah melakukan puja orang-orang akan menerbangkan layang-layang di halaman sambil menikmati makanan dari persembahan. Namun, pada hari ini juga ada sebagian orang yang membagikan buku serta alat tulis sebagai bentuk rasa syukur kepada dewi saraswati.

Nyatanya perayaan hari raya saraswati baik di India atau di Indonesia sama-sama sebagai wujud rasa syukur atas adanya ilmu pengetahuan ya. Jika di Indonesia beberapa tempat akan melakukan pagelaran seni seperti tari-tarian atau gamelan tidak jauh berbeda dengan di India walau waktu dan penanggalan yang dimiliki berbeda.

Baca juga:  Berjemur Ala Jepang Itu Di Hutan ? Cara Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan. Ada Yang Tahu ?

Selamat Hari Raya Saraswati!

Source:
timesofindia.indiatimes.com
hindustantimes.com
timesnownews.com

1 thought on “Berjemur Ala Jepang Itu Di Hutan ? Cara Ini Bisa Tingkatkan Kesehatan. Ada Yang Tahu ?

  1. Ping-balik: Pyt Tradisi Denmark Mengurangi Stress. Ada Yang Tahu ?

KOTAK POS