TanyaKenapa Pakaian Operasi Hijau

Ketika kita sedang berada di rumah sakit dan tanpa sengaja melewati lorong ruang operasi, kita akan melihat banyak dokter atau perawat menggunakan pakaian yang berwarna biru atau hijau. Terlintas di kepala TanyaKenapa pakaian dokter ketika operasi berwarna hijau atau biru dan bukan berwarna putih?

Bukan Masalah Mode Semata!

Sebelum tahun 1914, dokter dan perawat yang sedang bertugas dalam menangani pasien memang menggunakan pakaian putih. Putih dianggap sebagai warna yang menunjukkan kebersihan. Namun, warna putih juga kerap kali mudah kotor dan tidak mudah menyembunyikan noda yang mencolok seperti darah. Hal itu yang kemudian dianggap warna hijau jauh lebih baik dibandingkan warna putih ketika masuk kedalam operasi.

Sayangnya, pendapat itu dipatahkan ketika sebuah artikel yang muncul tahun 1998 tentang Today’s Surgical Nurse yang memuat tentang alasan penggunaan warna hijau pada dokter dan perawat yang sedang bertugas di ruang operasi. Alasannya bukan masalah mode warna mana yang lebih bersih tetapi lebih pada daya fokus pada pengelihatan dokter yang menjadi hal utama.

Baca juga:  TanyaKenapa-Perhitungan Jarak Di Luar Angkasa Menggunakan Tahun Cahaya?

Warna Bisa Berpengaruh Pada Pengelihatan Dan Fokus.

Warna hijau yang pakai dokter dan perawat bahkan tirai dan selimut bedah yang ada di dalamnya disebabkan karena warna hijau dianggap mampu membantu pengelihatan dokter dengan lebih baik. Warna hijau dianggap menyegarkan pandangan dokter yang melihat warna merah dalam waktu yang lama. Bias warna hijau yang terpantul di mata dokter akan memudahkan dokter mengenali warna merah darah dan warna kulit pada organ tubuh dengan lebih baik.

Faktor lain yang mempengaruhi diambilnya warna hijau adalah pencahayaan lampu di ruang operasi yang menggunakan warna putih terang. Sorot lampu putih memiliki semua spektrum warna pelangi termasuk warna merah dan hijau. Tetapi bias pada spektrum warna merah yang dipancarkan jauh lebih lemah dibandingkan dengan warna hijau. Hal ini dijelaskan oleh seorang profesor Paola Bressan dari Universitas Padova Italia yang meneliti ilusi mata. Itulah sebabnya ketika dokter melihat warna hijau di sekitarnya dengan pancaran cahaya putih lalu berpaling melihat ke warna merah, pandangan dan fokus dokter yang sedang melakukan operasi tidak terganggu. Jadi, sudah mengerti ‘kan mengapa nuansa warna hijau dipakai di ruang operasi?

Baca juga:  TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

Source:
livescience.com
scienceline.org
maxfact.co.in

KOTAK POS