Filantropi-Istilah Kece Bagi Kegiatan Kemanusiaan! Apa sih itu?

Filantropi

Istilah kegiatan amal, donasi atau tali kasih sudah banyak di dengar. Namun tahukah kalian ada nama lain dari kegiatan yang berhubungan dengan amal, donasi atau menyumbang baik waktu, tenaga, uang atau keahlian untuk kemanusiaan. Nama lainnya yaitu filantropi. Sebenarnya dari mana sih istilah ini dan seperti apa penerapannya?

Filantropi Lahir Dari Bahasa Yunani!

Istilah Filantropi ini lahir dari bahasa Yunani pada abad ke 5SM. Istilah ini secara etimologi berarti ‘cinta kemanusiaan’ yang dibuat juga berdasarkan pada mitos prometheus. Dimana kisahnya menceritakan ketika Zeus memberikan kemampuan pada Prometheus untuk membantu orang-orang dalam meningkatkan taraf hidupnya dengan pemberian kemampuan ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan yang lainnya.

Baca juga:  Pupu Spring - Mata Air Terjernih Di Dunia. Dimana Itu ?

Kemudian pada abad ke 18 dunia barat juga mulai menyadari adanya kepentingan dan kesadaran untuk membantu pihak yang lebih lemah secara sukarela. Umumnya Filantropi dapat diartikan sebagai kegiatan sukarela untuk kepentingan kemanusiaan yang lebih luas. Semakin lama kegiatan filantropi ini tidak hanya sebatas menyumbangkan dana atau tenaga secara sukarela, tetapi sifatnya bisa meluas hingga ke pemberdayaan masyaratat kecil atau pengembangan lingkup sosial masyarakat.

Filantropi ≠ Charity

Filantropi sangat berbeda dengan kegiatan charity yang biasanya kita dengar di media atau yang kita lihat secara langsung. Filantropi biasanya kegiatannya terorganisisr dan memiliki cakupan yang lebih luas. Lalu, filantropi secara waktu memiliki lingkup yang berkelanjutan atau berkesinambungan yang bersifat jangka panjang. Pihak-pihak yang bergabung dengan filantropi biasanya berupa lembaga seperti yayasan, lembaga, organisasi atau perusahaan yang melibatkan diri pada kegiatan kemanusiaan.

Baca juga:  Panjat Pinang - Tradisi Yang Menuai Kontroversi Namun Kaya Filosofi

Charity biasanya terbentuk atas kesadaran komunitas atau perorangan yang memiliki skala kecil. Kegiatan charity pun terbentuk secara insidentil yang bersifat jangka pendek dengan cakupan yang tidak luas seperti filantropi. Bentuk kegiatan dari charity ini biasanya melalui pembagian sembako, bantuan langsung tunai, atau pemberian donasi secara langsung tanpa adanya lembaga atau organisasi yang menaungi.

Jadi filantropi kali ini menambah kosakata baru kita hari ini. Selain menggunakan nama donasi, acara amal, sumbangan dan tali kasih kata Filantropi juga bisa digunakan untuk acara kemanusiaan milikmu yang bersifat luas.

Source:
kabar24.bisnis.com
ejournal.kemsos.go.id
medium.com

Ada komentar, ketikkan dibawah ini.