TanyaKenapa- Hidung Jadi Berair Ketika Dingin? Ini Penjelasannya!

Dingin

Pernahkah kita merasakan dingin saat musim hujan dan tiba-tiba menjadi bersin dan mengeluarkan ingus dari hidung? Biasanya banyak dari kita ketika dingin akan bersin dan kemudian berair. Sebenarnya hal ini wajar jika tubuhmu dalam kondisi normal atau tidak demam. Lalu, tanyakenapa hidung bisa berair ketika mengalami kedinginan?

Semua Dari Sistem Transmisi Otak.

Hidung tidak hanya sebagai alat bernafas lho. Fungsi lain dari hidung adalah sebagai filter udara yang menyaring udara kotor dan sebagai penghangat udara yang kita hirup sebelum mencapai ke paru-paru. Biasanya saat dingin udara menjadi kering dibandingkan ketika ada di musim panas. Sehingga hidung menjadi penghangat agar udara dingin menjadi lebih hangat dan lembab sebelum masuk ke paru-paru.

Ketika berada dalam keadaan dingin, menstimulai pengiriman pesan sinyal melalui syaraf menuju otak. Pesan yang diterima oleh otak kemudian darah akan meningkat di sekitar hidung untuk menghangatkan udara yang masuk. Pada proses ini hidung akan memproduksi banyak sekresi melalui kelenjar lendir yang mana membuat hidung menjadi lebih hangat dan memberikan kelembapan pada udara dingin yang masuk.

Baca juga:  TanyaKenapa – ABRACADABRA Jadi Mantra Untuk Sulap. Darimana Asalnya ?

Hidung Juga Punya Sistem Imun.

Tidak hanya tubuh, sistem imun juga diproduksi oleh hidung yang dirangsang oleh cuaca dingin dan kering dimana disebut sebagai mast cell. Sel imun ini memicu di hidung menjadi lebih banyak agar udara yang dihirup menjadi lebih lembab. Diperkirakan kita bisa kehilangan sekitar 300-400 ml cairan tubuh melalui hidung saat hidung melakukan fungsi ini.

Pada saat menghangtkan udara yang masuk ke hidung menjadikan rongga pada hidung lebih dingin daripada tubuh. Hal ini disebabkan karena panas pada tubuh dipakai sebagian besar dihidung untuk menghangatkan udara dingin dan menjadikannya uap yang dapat melembabkan rongga hidung.

Dalam merespon peningkatan aliran darah ke hidung untuk menghangatkan udara yang masuk, ada penyeimbangan yang perlu dilakukan dan terkadang tidak tidak selalu berhasil. Pada tubuh normal aliran darah yang ada di kulit dan di hidung mencapai titik yang seimbang sehingga beberapa orang tidak akan merasakan hidung yang berair saat dingin. Namun, tidak sedikit juga orang yang akan berair ketika proses penyeimbangan panas tubuh tidak seimbang dimana ketika aliran darah di hidung berlebihan sehingga menyebabkan panas tubuh di kulit lebih sedikit.

Baca juga:  TanyaKenapa - Kok Akhir-Akhir Ini Wilayah Indonesia Panas Banget!

Panas pada wilayah hidung yang berlebih akan membuat kelembapan di hidung ikut berlebih sehingga udara dingin dan kering akan menetes dari lubang hidung. Itulah mengapa sebagian besar orang akan merasakan hidung berair atau berair saat cuaca dingin. Bahkan pada orang yang memiliki hidung yang sensitif terutama mereka yang memiliki asmah atau alergi dingin pembuluh darah menjadi lebih reaktif. Makan tak jarang dari mereka akan bersin-bersin atau mengalami hidung tersumbat.

Jadi, kamu yang merasakan hidung berair ketika musim dingin tidak perlu buru-buru minum obat pilek ya kecuali kamu merasakan demam atau gejala flu.

Source:
medicine.uq.edu.au
healthline.com
edition.cnn.com

KOTAK POS