Ayurveda-Kitab Pengobatan Agama Hindu. Gimana Sih Sehat Menurut Hindu?

Ayurveda

Ayurveda merupakan kitab pengobatan yang ada sejak 5000 tahun sebelum masehi. Kitab ayurveda ini dianggap sebagai ilmu pengetahuan tentang hidup atau the science of life dan sudah dianggap sebagai metode pengobatan tertua yang juga dipakai dalam beberapa metode pengobatan di dunia barat. Dalam kitab ayurveda sudah dijelaskan bagaimana tubuh dan alam sekitar bisa berpengaruh pada kesehatan dan bagaimana pula mengatur kesehatan melalui pengolahan di dalam tubuh. Lantas bagaimana konsep sehat menurut hindu dalam ayuveda tersebut?

Ayurveda Berisi Tujuan Hidup Manusia.

Ayurveda yang ditemukan 5000 tahun sebelum masehi tersebut tidak hanya milik agama hindu saja. Tetapi siapapun bisa melakukannya sehingga kitab ini bersifat universal sehingga metode pengobatan ini juga diterapkan oleh ahli-ahli kesehatan di dunia barat. Kitab ini juga dijelaskan bahwa sejatinya ilmu pengetahuan itu bersifat dinamis dan tidak ada satu ilmu pengetahuan yang bersifat sempurna sehingga satu ilmu pengetahuan bisa jadi akan saling memperbaiki satu sama lain agar bisa sejalan dengan waktu. Karena sifatnya terbuka dan universal inilah yang menjadikannya banyak sekali peminat dalam mempelajari kitab ini. Hal ini tertuang dalam salah satu slokanya:
Sarve bhavantu sykhinah Sarve santu niramayah Sarve bhadani pasyantu haa kascit duhkhabhak bhavet
Artinya:
Semoga semua bahagia, Semoga semua bebas dari ketidakmampuan, Semoga menatap kebaikan yang lain Semoga tidak menderita kesedihan.

Baca juga:  Catur Purusa Artha - Apa sih tujuan manusia itu hidup? Ini 4 Pilarnya!

Selain sifatnya yang universal dan terbuka, isi dari ayurveda ini sesuai dengan tujuan hidup manusia atau dalam agama hindu dikenal dengan catur purusa artha yaitu Dharma (kebenaran dan kebaikan), Artha (Kekayaan untuk memenuhi kebutuhan hidup), Kama (nafsu yang perlu disalurkan secara baik) dan Moksa (Pembebasan yang membawa kesadaran hidup yang lebih baik). Tidak hanya sesuai dengan tujuan hidup manusia, kitab ini juga sudah tersusun secara sistematis yang dibagi dalam delapan bagian (Astangga) dimana masing-masing bagiannya ditulis oleh ahlinya diantaranya Kaya Ohtsa (Ilmu penyakit dalam (Internal)), Salakya Tantra (ilmu pengobatan penyakit di kepala dan leher), Salya Tantra (ilmu penyakit bedah), Agadda Tantra (Ilmu racun (Toksiologi)), Bhuta widya (Ilmu psikologi dan psikiatri), Karma Bhrtya atau Bala Tantra (Kesehatan Anak), Rasayana (Ilmu tentang peremajaan atau kalau sekarang tentang kecantikan), dan Vijikarana (Ilmu tentang seks, seksologi).

Baca juga:  Rumah Tradisi-Vasant Panchami: Hari Raya Saraswati Versi India. Apa Menariknya?

Konsep Sehat Berkaitan Dengan Tri Kaya Parisuda

Ditengah mewabahnya virus corona menyadarkan kita akan pentingnya hidup secara seimbang. Seimbang disini bukan menerima virus ini tanpa pencegahan yang lebih baik. Seimbang dalam pengertian konsep sehat di kitab Ayurveda berarti mulai menyadari perlu adanya menyelaraskan fisik, pikiran dan spiritual yang tidak hanya diterapkan pada diri sendiri tetapi juga alam sekitar.

Rsi Caraka mengartikan kitab ayurveda Pengetahuan yang dapat menolong seseorang untuk memperoleh ilmu tentang manfaat serta bahaya macam-macam kehidupan, jangka waktu berarti dan hidup secara alami serta wajar. Pengertian ini tidak hanya tentang keseimbangan organ tubuh, psikologi serta spiritual, tetapi juga keseimbangan alam semesta yang sangat membawa pengaruh pada diri kita. Konsep ini juga sejalan dengan tri kaya parisuda (Berpikir, berkata dan berbuat yang baik) Sebagai contoh jika kita menjaga pikiran tetap baik maka kita akan menjadi tenang dan fisik pun sehat, jika kita berkata baik pada sesama maka jantung kita menjadi sehat. bila kita bisa berbuat baik pada lingkungan dengan menjaga kebersihan maka lingkungan bersih bisa membawa diri kita menjadi sehat begitupun dengan makhluk sekitarnya. Selain bisa membawa manfaat pada tubuh, konsep tri kaya parisuda ini bisa membawa ikatan spiritual kita dengan Tuhan semakin dekat.

Baca juga:  Karmaphala-Setiap Akibat Ada Sebabnya. Lantas Bagaimana Kaitannya Dengan Meluasnya Pandemi COVID-19?

Konsep sehat secara seimbang memalui menjaga pola makan, mengatur kondisi psikis tetap sehat dan penyelarasan diri dengan spiritual sudah disadari sejak ribuan tahun lalu. Sehingga ditengah wabah corona ini, marilah mulai menyeimbangkan diri agar tetap sehat dan bahagia.

Source:
phdi.or.id
ayurveda.com
fimela.com

KOTAK POS