TanyaKenapa-Virus Tidak Mudah Mati? Biasakan Ini Biar Sehat!

Ilustrasi Virus

#TanyaKenapa Virus tidak mudah mati pada tubuh manusia, pertanyaan ini sebenarnya membuat kita bergidik ngeri. Virus merupakan mikroorganisme yang ukurannya kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata kecuali menggunakan mikroskop. Ukurannya virus lebih kecil dibandingkan bakteri dengan skala nanometer. Walau kecil dan tidak terlihat seperti virus corona, virus memiliki kekebalan tubuh yang luar biasa. Bagaimana bisa begitu ?

Virus Kecil Tapi Super Power!

Virus pada dasarnya tidak bisa hidup sendiri secara strukturnya mereka memiliki asam nukleat, DNA atau RNA yang dimiliki oleh makhluk hidup pada umumnya. Sayangnya, untuk menumbuhkan strukturnya mereka tidak bisa memproduksi sendiri terkecuali ada sel inang yang bisa membantunya. Untuk bisa masuk ke manusia, mereka harus memiliki perantara seperti nyamuk, tikus atau hewan lain. Jadi, Virus ini bisa dikatakan seperti parasit dan sel pada hewan atau tubuh manusia adalah inangnya.

Ketika ia mendapatkan sel inang, virus bisa mereproduksi dirinya sendiri dengan menggandakan diri. Proses dimana ia menggunakan sel tubuh manusia sebagai inangnya, maka sel tubuh yang ditumpanginya akan terinfeksi dan rusak. Pada saat tubuh terinfeksi virus, sistem imun tubuh akan melakukan fungsinya untuk melindungi sel-sel yang masih baik dan membersihkan virus itu. Namun, jika terlalu banyak sel yang rusak maka sistem imun tidak bisa melindungi tubuh dan membuat manusia jatuh sakit.

Baca juga:  TanyaKenapa - Planet Venus Menjadi Planet Terpanas Di Banding Planet Merkurius. Alasannya Mengejutkan!

Ada beberapa virus yang bisa dengan mudah disembuhkan dengan sendirinya seperti flu biasa, tetapi juga ada beberapa virus yang juga tidak mudah mati hingga membutuhkan penanganan khusus seperti Ebola, Corona, SARS, MERS dan beberapa lainnya.

Vaksin Dan Medis Memang Baik, Tapi Pencegahan Lebih Baik!

Pada dasarnya seseorang yang baru atau sudah terinfeksi virus akan diberi vaksin, antibiotik, atau segera ditangani oleh medis. Vaksin memang bisa berhasil hanya jika virus tidak banyak merusak sel-sel yang ada pada tubuh manusia begitu juga dengan pengobatan medis. Jika terlalu banyak sel pada tubuh yang dikonsumsi oleh virus untuk menggandakan diri maka semakin sulit dan butuh perhatian ekstra pula penanganannya.

Baca juga:  TanyaKenapa - Kulit Atau Mata Ular Bisa Berwarna Biru ? Ini Penjelasannya.

Sifat virus dalam menggandakan dirinya tidaklah sama dan mereka akan bermutasi dengan banyak cara dan bentuk. Seperti contohnya virus flu yang umum sudah bisa dipastikan mudah ditangani, tapi ada beberapa jenis turunan virus flu seperti flu burung atau virus corona yang dulunya SARS sekarang bermutasi menjadi wabah virus COVID-19 maka, semakin banyak pula jenis vaksin yang dibutuhkan dan tenaga medis yang bekerja lebih keras.

Hal yang lebih baik dilakukan oleh banyak orang dan dibutuhkan oleh umat manusia adalah kesadaran untuk hidup bersih. Mulai dari mencuci tangan setelah dari luar dan sebelum makan, mencuci kaki dan muka setelah dari aktivitas di luar ruangan, rajin mengganti pakaian dan tetap menjaga lingkungan sekitar bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini seperti sebuah semboyan di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Yuk mulai sadar akan pentingnya kebersihan dan hidup sehat!

Baca juga:  TanyaKenapa-Keluarga Kerajaan Disebut Darah Biru? Ini Maksudnya!

Source:
ncbi.nlm.nih.gov
microbiologysociety.org
livescience.com

KOTAK POS