Catur Purusa Arta – Apa sih tujuan manusia itu hidup? Ini 4 Pilarnya!

Catur Purusa Artha

Sebagai umat manusia yang mendiami bumi, dan terlahir sebagai penduduk bumi pernahkah kita bertanya, tujuan kita hidup apa? Apa hanya mengejar kesuksesan, memperoleh pekerjaan, atau menjadi orang yang berguna bagi manusia lain? Konsep tujuan manusia dilahirkan bukan hanya meraih kesuksesan pribadi tetapi juga ada tujuan lain yang lebih besar. Apa itu?

Catur Purusa Artha Adalah Pilar Manusia.

Dalam agama hindu, ada 4 tujuan hidup yang diatur dan sudah disesuaikan dengan sifat alami manusia, antaranya:

  1. Dharma atau kebaikan dimana manusia harus memiliki akar kebaikan dalam dirinya agar apapun yang ia kerjakan atau ia dapatkan diperuntukkan demi kebaikan bersama. Dalam Sarasamuscaya sloka 14, Dharma eva plavo nanyah svargam samabhivanchatam, Sa ca nawupwanijastatam jaladheh paramicchatah” artinya “yang disebut Dharma, adalah jalan utuk pergi ke surga, sebagai halnya perahu yang merupakan alat bagi saudagar untuk mengarungi lautan”.
  2. Artha atau Kekayaan dimana dengan memiliki kekayaan yang cukup kita bisa melanjutkan kehidupan kita. Tidak bisa dipungkiri bagaimana peran kekayaan dalam mencukupi kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan papan. Namun, jika kita memiliki artha tanpa dharma maka hidup kita tidak akan berbahagia atau terasa kosong.
  3. Kama atau nafsu dimana ini merupakan sifat alamiah dari manusia. Siapun manusia yang hidup pasti memiliki keinginan yang ingin dipenuhi bisa berupa cita-cita, harapan masa depan, kehidupan yang lebih baik dan lainnya. Apakah cita-cita atau keinginan itu bisa tercapai tanpa adanya artha atau kekayaan? tanpa Artha kama tidak dapat dipenuhi, tetapi jika kama dan artha bisa dipenuhi tanpa dharma maka kita menjadi manusia yang tak berjiwa.
  4. Moksa atau Kebebasan dari ikatan keduniawian dimana disini berarti dengan kekayaan dan nafsu yang sudah cukup terpenuhi maka tidak ada yang paling menenangkan dimana bisa melepaskan segala ikatan keduniawian ini untuk menjalani hidup yang lebih damai. Moksa disini dimana manusia bisa bersatu kembali dengan-Nya. Inilah tujuan tertinggi yang ingin dicapai oleh manusia selama hidup.
Baca juga:  Tahun Baru Saka Di Indonesia adalah Nyepi. Bagaimana Di India?

Tujuan Akan Membuatmu Hidup Layaknya Manusia.

Bisakah kita membayangkan hidup tanpa adanya tujuan yang ingin diraih? Mungkin tidak ada yang bertanya itu, namun dalam hindu sudah dipikirkan sebelum manusia sendiri menyadarinya. Baik secara psikologi dan hindu berjalan sejalan dimana manusia hidup dengan memiliki tujuan akan membuat kehidupan berarti. Bayangkan saja jika kita hidup tanpa tujuan, saat bangun tidur rasanya sama dan membosankan bukan?

Dengan tujuan hidup yang berjenjang seperti catur purusa artha dalam mencari tujuan hidup dunia seperti artha dan kama, dengan dasar dharma akan membuat kita bisa menjadi manusia yang berguna bagi sesama. Dharma disini dengan menerapkan tri kaya parisuda (Berpikir yang baik, berbicara yang baik dan berperilaku yang baik) agar bisa meraih tujuan tertinggi manusia yaitu Moksa.

Baca juga:  Pandangan Weda Tentang Ibu Yang Bekerja Di Luar. Mau Tahu?

Saat kita menanamkan dharma dalam mencari Artha kita bisa melakukan Punia untuk membantu mensejahterakan sesama. Saat kita mencari Kama dengan menanamkan dharma kita bisa membatasi diri hingga tidak terjurumus dalam hal yang tidak baik. Setelah semua bisa dijalankan secara beriringan tidak hanya kita bisa berbahagia tetapi makhluk lain dan sesama juga bisa berbahagia. Dan disinilah Moksa bisa dengan mudah diperoleh.

Sejatinya kebahagiaan bisa berdampak dengan berbagi dan jika kita bisa berbagi kebahagiaan untuk sesama, Tuhan pun mencatat itu semua. Yuk kita landasi diri dengan 4 tujuan hidup ini!

Source:
mutiarahindu.com
phdi.or.id
lenteradharma.blogspot.com

Ada komentar, ketikkan dibawah ini.