KamHis-Masih Ingat Adam Air? Tepat Hari Ini Izin Adam Air Dicabut!

Tepat pada tanggal 18 Maret 2008, 12 tahun silam izin operasi dari penerbangan Adam air dicabut. Masih ingat bukan dengan maskapai adam air ini? Maskapai yang pernah mengalami kecelakaan pesawat dengan menewaskan seluruh awak pesawat dan penumpang ketika melakukan perjalanan ke Manado dan hilang di atas perairan majene pada 1 Januari 2007 silam.

Pesawat Adam Air
Pesawat Adam Air by Elshinta.com

Menjadi Yang Terbaik Hingga Tak Terdengar Lagi!

Sebelum mengalami kecelakaan pesawat, Adam Air sempat menerima penghargaan sebagai maskapai dengan penerbangan bertarif rendah atau yang dikenal dengan LCC (Low Cost Carrier) tahun 2006. Namun, tidak berselang lama setelah mendapat penghargaan itu, maskapai yang dimiliki oleh PT Adam SkyConnection ini mengalami kecelakaan pada tanggal 1 Januari 2007 di perairan Majene ketika melakukan perjalanan menuju ke Manado.

Maskapai yang didirikan tahun 2003 oleh Sandra Ang dan Agung Laksono ini tidak hanya sekali dua kali mengalami kecelakaan. Sudah tercatat lebih dari beberapa penerbangan yang mengalami kecelakaan secara berturut-turut. Setelah dilakukan penyelidikan oleh polisi, diketahui perusahaan yang merupakan bentuk koalisi bisnis keluarga dan politisi ini melakukan penyelewengan dana investasi hingga menelan korban yang tidak sedikit dari kecelakaannya.

Baca juga:  Perang Salib I : Pengepungan Ma'arrat- Ketika Perang Berhujung Kanibalisme

Agung laksono yang merupakan ketua DPR tahun 2004 silam itu melakukan investasi pada perusahaan keluarga ini. Namun, setelah dilakukan penyelidikan akibat kecelakaan beruntun dari maskapai ini diketahui bahwa Sandra Ang yang menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama ditetapkan sebagai tersangka penyelewengan dana, termasuk penggelapan pajak hingga penggunaan suku cadang pesawat di bawah standart ketika mengelola perusahaan ini.

Catatan Gelap Maskapai Adam Air Hingga Dicabutnya Operasional.

Catatan gelap penerbangan adam air sudah terjadi sebelum dan sesudah kecelakaan yang merenggut semua awak kapal dan penumpang pada penerbangan ke Manado pada 1 Januari 2007. Diantaranya: Kecelakaan pada 11 Februari 2006 Adam Air dengan nomor Penerbangan 782, Boeing 737-300, PK-KKE BH-782 Jakarta-Makassar, kehilangan arah dan mendarat di Bandara Tambolaka, NTT namun tidak ada korban jiwa. Lalu, pada tanggal 1 Januari 2007 pada penerbangan Jakarta-Manado dengan transit ke Surabaya dimana pesawat mengalami kerusakan pada alat navigasi, kelalaian pilot dan co-pilot serta cuaca buruk. Tidak hanya itu pada tanggal 21 Februari 2007 pesawat Adam Air tergelincir di bandara Juanda Surabaya dan tanggal 6 Maret 2007 pesawat Adam Air gagal lepas landas dari Bandara Juanda karena roda depan rusak.

Baca juga:  Cuneiform Tulisan Tertua - Ini Bukti Hieroglyph Bukan Sistem Tulisan Tertua ? Nggak Percaya Ini Penelitiannya.

Akibat banyaknya masalah pesawat, serta kecelakaan penerbangan yang terjadi pada maskapai itu. Pemerintah melalui kementerian perhubungan turun tangan menginvestigasi sistem management dari perusahaan swasta Adam SkyConnection tersebut. Setelah itu 16 Maret 2007 pemerintah mengumumkan akan menghentikan sementara sejumlah maskapai penerbangan karena perlu pembenahan standart keamanan penerbangan. Adam Air sempat memberikan perbaikan, tetapi harus mengurangi frekuensi terbangnya.

Pada 16 Maret 2009, pemerintah Indonesia kembali memberikan ultimatum kepada Adam Air terkait bisnisnya. Dimana Adam Air mengalami banyak penarikan hampir setengah saham perusahaan oleh investor. Tak lama kemudian pimpinan Adam Air mengumumkan telah menangguhkan setengah dari armadanya karena gagal bayar. Terakhir penerbangan Adam Air tercatat mengalami kecelakaan saat berada di Bandara Batam yang membuatnya harus menerima pencabutan Air Operation Certificate untuk Adam Air. Hingga akhirnya keberadaan Adam Air tenggelam dan tidak ada lagi.

Baca juga:  Kanji (漢字) : The Japanese Writing System

Menjadi maskapai penerbangan yang membawa manusia di dalamnya tidak bisa hanya berbicara tentang keuntungan komersil, tetapi juga memperhatikan keselamatan penumpang dan nyawa manusia.

Source:
nasional.kompas.com
liputan6.com
news.detik.com
dephub.go.id

Ada komentar, ketikkan dibawah ini.