TanyaKenapa – Planet Venus Menjadi Planet Terpanas Di Banding Planet Merkurius. Alasannya Mengejutkan!

#TanyaKenapa - Venus Lebih Panas Dari Merkurius

Banyak yang tahu bahwa di susunan tata surya planet merkurius merupakan planet yang lebih dekat dengan matahari dan diduga memiliki suhu yang paling panas karena letaknya. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa dugaan itu salah besar. Planet merkurius memang panas tetapi suhunya tidak sebanding dengan planet tetangganya yaitu planet Venus. Mengapa begitu dan bagaimana kondisi suhu di Venus ?

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Air Laut Itu Asin. Apa Benar Ada Garamnya ?
#TanyaKenapa – Galaksi Disebut Milky Way ?
#TanyaKenapa – Tetesan Hujan Memiliki Banyak Bentuk. Ada Yang Tahu?

Hasil gambar untuk planet venus the hottest
Planet Venus menjadi planet terpanas by https://www.pinterest.ca/

Semua Salah Atmosfer Venus!

Berdasarkan pada laman web NASA atmosfer venus berbeda dengan planet merkurius sehingga mempengaruhi suhu di kedua planet. Venus memiliki atmosfer yang sangat tebal dimana lapisannya terbesarnya itu terdiri dari karbondioxida (CO2) dan sulfiric acid. Berbeda dengan planet merkurius.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?
#TanyaKenapa Kembang Api Ada Di Kemeriahan Acara ? Ini Ceritanya!
#Tanya Kenapa Lambang Swastika Menjadi Lambang Nazi Jerman ?

Baca juga:  Mengefisienkan Pembangunan Bendungan. Mengapa Bendungan Tidak Efisien Untuk Cadangan Air ? Ini Kata Peneliti!

Akibat lapisan atmosfer venus yang sebagian besar mengandung karbondioxida dan sangat tebal sehingga mampu menangkap panas matahari dan sulit melepaskan ke angkasa. Berbeda dengan planet merkurius dimana ia tidak memiliki atmosfer hanya memiliki eksosfer yang tipis yang terbuat dari atom-atom percikan permukaan matahari yang terbawa angin dan meteorid yang menyerang planet ini sehingga terbentuk senyawa oksigen, natrium, helium, hidrogen dan kalium. Eksosfer ini yang menyebabkan suhu dipermukaan merkurius bisa dingin dan bisa panas secara ekstrim.

Suhu Planet Venus Bisa Melelehkan Apa Saja !

Perbedaan lapisan planet yang melindungi dan melapisi ini mengakibatkan perbedaan suhu yang sangat besar. Planet Venus yang memiliki kandungan atmosfer yang sebagian besar adalah karbondioxida mampu menyerap panas matahari lebih besar dibandingkan dengan planet merkurius. Suhu di planet Venus bisa mencapai lebih dari 470 derajat celcius di sepanjang hari yang mampu melelehkan besi dalam waktu singkat.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Normalkah Orang Latah Itu ? Ini Gangguan Psikologis !
#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

#TanyaKenapa Sinar Matahari Berwarna Kuning, Merah, Atau Orange?

Baca juga:  TanyaKenapa - Kok Akhir-Akhir Ini Wilayah Indonesia Panas Banget!

Planet merkurius yang jaraknya dekat dengan matahari karena tidak memiliki atmosfer tebal sehingga panas matahari bisa dengan mudah dilepaskan di ruang angkasa sehingga sebagian sisi planet ini pada siang hari memiliki suhu 426 derajat celsius pada siang hari dan suhu -173 derajat celcius pada malam harinya.

Badan atariksa Uni Soviet mengirimkan pesawat Valerie pertama kali dan kembali dengan gagal karena permukaan yang sangat panas. Kemudian pada percobaan kedua dengan mengirimkan pesawat Valeria 13 ke planet Venus pada tahun 1981, pesawat itu hanya bertahan 127 menit dan kemudian kembali dengan mengirimkan gambar berupa permukaan planet Venus.

Jadi, jangan salah paham lagi walaupun planet merkurius memang dekat dengan matahari tetapi justru membuatnya tidak sepanas planet Venus yang jaraknya dua kali lebih jauh.

Baca juga:  Eksotisme Danau Tertua Dan Terdalam Di Dunia-Danau Baikal, Siberia!

Source:
https://scienceline.ucsb.edu/getkey.php?key=3824
https://www.planetsforkids.org/hottest-planet-in-the-solar-system.html

2 thoughts on “TanyaKenapa – Planet Venus Menjadi Planet Terpanas Di Banding Planet Merkurius. Alasannya Mengejutkan!

  1. Ping-balik: #TanyaKenapa – Kita Masih Percaya Mitos ? – Dinda Pranata
  2. Ping-balik: #TanyaKenapa- Hewan Liar Di Cina Dikonsumsi? Ada Asal Usulnya Lho! – Dinda Pranata

Ada komentar, ketikkan dibawah ini.