TanyaKenapa-Kita Tidak Bisa Melihat Udara. Apa Penyebabnya ?

Mengapa Udara Tidak Terlihat

Adakah dari kita yang ber-#TanyaKenapa alasan kita semua tidak bisa melihat bentuk udara? Sebagian dari kita sering sekali mendengar bahwa udara tidak bisa dilihat hanya bisa dirasakan. Padahal udara sendiri merupakan salah satu zat yang penting dalam kehidupan selain air. Apa sebabnya ?

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Air Laut Itu Asin. Apa Benar Ada Garamnya ?
#TanyaKenapa – Galaksi Disebut Milky Way ?
#TanyaKenapa – ABRACADABRA Jadi Mantra Untuk Sulap. Darimana Asalnya ?
#TanyaKenapa – Kok Akhir-Akhir Ini Wilayah Indonesia Panas Banget!

Tingkat Kepekaan Mata

Mata kita memiliki peranan penting dalam menangkap obyek yang ada disekitar kita. Mata manusia pada dasarnya hanya dapat menangkap sinyal dari obyek dengan bantuan gelombang cahaya yang terpantul dari obyek tertentu. Kebanyakan obyek yang kita lihat menyerap gelombang cahaya sehingga menghasilkan warna yang dapat ditangkap oleh mata manusia.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?
#TanyaKenapa Kembang Api Ada Di Kemeriahan Acara ? Ini Ceritanya!
#Tanya Kenapa Lambang Swastika Menjadi Lambang Nazi Jerman ?

Baca juga:  Virus Corona-Virus Yang Mudah Menyerang Manusia. Bagaimana Mencegahnya?

Tingkat kepekaan mata orang bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi pada seseorang itu. Berdasarkan penelitian, mata seseorang dapat menangkap panjang gelombang cahaya dengan respons panjang gelombang dari sekitar 400 hingga 700 nanometer, dengan sensitivitas puncak pada 555 nanometer (di bagian warna hijau dari spektrum cahaya tampak). Kemudian, dalam keadaan gelap mata dapat merespons kisaran panjang gelombang yang lebih rendah antara 380 dan 650 nanometer, dengan puncaknya terjadi pada 507 nanometer.

Unsur Pada Udara Yang Kasat Mata

Udara di bumi ini memiliki kandungan nitrogen, oksigen dan bermacam-macam gas yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup di bumi. Pada setiap kandungan zat itu terdapat molekul-molekul kecil yang saling berjauhan dan sangat banyak (26,700,000,000,000,000,000,000 molekul dalam satu liter udara) sehingga panjang gelombang cahaya yang masuk tidak mengenai molekul-molekul ini.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Normalkah Orang Latah Itu ? Ini Gangguan Psikologis !
#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

#TanyaKenapa Sinar Matahari Berwarna Kuning, Merah, Atau Orange?

Baca juga:  Salar de Uyuni, Sebuah Tempat Dengan 'Cermin' Terluas Di Dunia

Namun, ada kondisi dimana kita bisa melihat bentuk udara seperti angin tornado. Angin tornado terjadi ketika terjadi penurunan suhu dan tekanan sehingga gas berubah menjadi air di dalam pusaran tornado yang bercampur dengan debu dan puing-puing benda yang dibawa olehnya. Dengan kata lain, molekul-molekul udara bertabrakan dengan molekul benda padat sehingga panjang gelombang cahaya mampu diserap dan tertangkap oleh mata.

Jadi, jangan heran mengapa udara yang kita hirup ini tidak terlihat dan mengapa angin yang berhembus dapat kita rasakan.

Source:
https://www.sciencefocus.com/planet-earth/why-cant-we-see-the-wind/
https://www.highlightskids.com/explore/science-questions/why-is-air-invisible
http://www.blastscience.co.uk/ask-a-scientist/winning-question-why-cant-you-see-the-air-by-alexandra-olivia-king-from-brighton

1 thought on “TanyaKenapa-Kita Tidak Bisa Melihat Udara. Apa Penyebabnya ?

  1. Ping-balik: #TanyaKenapa – Tetesan Hujan Memiliki Banyak Bentuk. Ada Yang Tahu? – Dinda Pranata

Ada komentar, ketikkan dibawah ini.