Islandia – Negara Dengan Biaya Hidup Tertinggi Di Dunia. Nggak Percaya ?

Islandia

Siapa yang tidak mengenal negara Islandia yang terletak di kawasan Eropa Utara yang terkenal dengan auroranya. Wilayah ini termasuk dalam kawasan negara Skandinavia termasuk negara Finlandia, Denmark, Swedia dan Norwegia. Lantas apa keistimewaan dan mengapa negara ini menjadi salah satu negara dengan biaya hidup termahal ?

Aurora Di Islandia
Aurora Di Islandia by https://www.forbes.com

Negara Tanpa Tetangga Dan Dikelilingi Lautan

Negara yang beribukota Reykjavík ini memiliki luas kurang lebih 103,000 kilometer persegi dengan populasi kurang lebih 360,390 jiwa. Negara ini termasuk negara kecil dengan populasi sedikit. Wilayah negara ini sendiri bagian utara berbatasan dengan laut greenland, selatan dan barat berbatasan dengan laut Atlantik dan bagian timur adalah Laut Norwegia.

Walau letaknya dikelilingi lautan, pemandangan yang ditawarkan begitu indah sehingga menjadi salah satu negara favorit para turis. Selain itu, di negara ini terkenal dengan pemandangan Aurora Borealis nya yang bisa dilihat dari Islandia bagian utara. Selain itu, wilayah ini memiliki pemandian air panas  seperti di danau Urridavtn Islandia bagian timur. 

Baca juga:  TanyaKenapa Angka 13 Dianggap Sial ?

Ketergantungan Produk Impor

Well, karena letaknya yang dikelilingi oleh wilayah lautan dan juga iklim yang cukup dingin. Secara geografi letak negara Islandia ini berada di kawasan iklim yang dingin dan tidak cocok untuk bercocok tanam sehingga warganya sangat bergantung pada produk impor baik berupa sayuran atau makanan dari negara tetangga. Sedangkan untuk produk impor seperti gandum, susu, atau telur dikenakan biaya tambahan yang akan dibebankan ke konsumen sehingga tentu saja membuat harganya tidak murah.

Contohnya saja, untuk satu liter susu di Islandia seharga 128 ISK (Krona) atau seharga Rp 13,945 (1 ISK = Rp 108.95). Lalu, 1 Kg beras seharga 313 ISK atau sekitar Rp 34,100. Untuk sewa satu kamar per bulan di Islandia yang letaknya di tengah kota bisa mencapai 189.000 ISK atau sekitar Rp 20,590,804 per bulan. Benar-benar mahal bukan ? belum lagi untuk transportasi dan juga kebutuhan sehari-hari.

Baca juga:  Caviar - Makanan Ini Seharga Rumah. Mau Mencoba ?

Walaupun sangat terkenal indah, negara Islandia ini memiliki biaya hidup yang tinggi. Sehingga tak jarang orang-orang yang ingin pergi ke Islandia harus menyediakan biaya ekstra dalam perencanaan traveling mereka. Tertarik pergi ke negera ini, siapkan tabungan dari sekarang.

Source:
https://www.britannica.com/place/Iceland
https://www.dailymail.co.uk/travel/travel_news/article-7271769/Iceland-ranked-Europes-expensive-country-ahead-Switzerland-Denmark-Norway.html
https://theculturetrip.com/europe/iceland/articles/iceland-is-one-of-the-most-expensive-countries-in-the-world-to-live-in-heres-why/

1 thought on “Islandia – Negara Dengan Biaya Hidup Tertinggi Di Dunia. Nggak Percaya ?

Tinggalkan Balasan