Nature

#TanyaKenapa – Galaksi Disebut Milky Way ?

Kita sering mendengar nama galaksi disebut milky way oleh orang Barat. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi ‘Jalan Susu’. Namun, mereka yang mengetahui itu hanya sedikit yang tahu darimana datangnya nama itu. Mengapa orang barat menamainya seperti itu ? Dari manakah ide nama itu?

Hasil gambar untuk why our galaxy name is milky way"
Galaksi Milky Way by https://imagine.gsfc.nasa.gov

Datang Dari Sebuah Mitologi

Berdasarkan dari mitologi Yunani cerita ini berawal dari Dewa Zeus datang ke rumah Dewi Hera dengan membawa Heracles anak laki-lakinya untuk disusui ketika Dewi Hera sedang tertidur. Namun, ketika Hera terbangun dan menyadari adanya Heracles ia terkejut dan menjauhkan dirinya sehingga air susunya berhamburan di angkasa. Hera sendiri diketahui tidak menyukai Hearcles karena ia anak setengah dewa dan hasil hubungan gelap Zeus dengan manusia. Air susu dewi Hera yang terbuang ke angkasa kemudian diberi nama Milky Way.

Tidak hanya itu, di setiap negara memiliki penamaan sendiri tentang galaksi dan terkadang dihubungkan dengan mitos-mitos setempat. Seperti di Finlandia, dimana sebuah mitologi mengatakan bahwa dunia terbentuk telur yang menyembur dan mengalir. Langit adalah cangkang telur sedangkan Bumi dipercaya memiliki bentuk yang datar. Cerita orang Finlandia ini dikenal dengan nama Linnunrata atau ‘jalan burung’.

Kaitannya Dengan Romawi Dan Yunani

Seorang profesor Ilmu sejarah di Gallatin School New York bernama Matthew Stanley mengatakan bahwa kata galaksi sendiri sudah muncul pada abad 800 SM – 500 SM atau dari 2.500 tahun yang lalu di lukisan tembikar yang ditemukan. Bangsa Yunani menggunakan kata Galaxias Kyklos yang secara literasi berarti ‘Lingkaran Susu’.

Bangsa Yunani yang mendapatkan nama ini kemudian menginspirasi bangsa Romawi untuk mempunyai nama sendiri. Bangsa Romawi menamainya sebagai via lactea yang kemudian diterjemahkan sebagai ‘jalan susu’. Mereka melihat langit malam cerah seperti jalur susu yang tersebar.

Akhirnya nama ini tersebar sebagai Milky Way dalam Bahasa Inggris dan di populerkan dalam puisi bahkan lukisan-lukisan di zaman Renaissance. Jadi, sudah tahu kan dari mana sebenarnya akar nama untuk galaksi kita ya.

Source:
https://www.livescience.com/56756-milky-way-name-origin.html
https://imagine.gsfc.nasa.gov/science/objects/milkyway1.html
http://curious.astro.cornell.edu/about-us/93-the-universe/the-milky-way/general-questions/504-where-does-the-name-milky-way-come-from-beginner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s