Lorong Waktu-Perang Salib I : Pengepungan Ma’arrat- Ketika Perang Berhujung Kanibalisme

Perang Salib Pertama

Siapa yang tidak pernah dengar perang salib ? Perang ini merupakan salah satu yang membawa pengaruh pada kisah sejarah dunia di negara Eropa. Perang ini juga menjadi perang terlama dalam sejarah Eropa yang dilatar belakangi oleh perbedaan Agama dan sebagai akibatnya kanibalisme yang terjadi saat perang ini berlangsung. Bagaimana perang ini menyebabkan kanibalisme ?

Ilustrasi Perang Salib Pertama
Perang Salib Pertama by https://en.wikipedia.org

Kegiatan Ibadah Yang Dibatasi

Pada abad ke 11 banyak tempat-tempat ibadah dan ritus-ritus suci lokal yang biasa didatangi oleh orang-orang Eropa namun terdapat 3 ritus suci yang utama yaitu Roma (makam Santo Petrus dan Paulus), Santiago de compostela di barat laut Spanyol dan Yerrusalem (Makam Yesus Kristus). Pada abad-abad ini dimana kesadaran beragama orang Eropa mulai bangkit, melakukan ziarah menjadi hal yang sangat penting sebagai bentuk pengabdian dan penebusan dosa.

Baca juga:  The Phaistos Disk - Lingkaran Gambar Yang Menjadi Misteri. Mau tahu ?

Di pertengahan abad ke 11, Yerusallem jatuh ke tangan Turki Seljuq sehingga mereka menerapkan kebijakan yang membatasi akses orang-orang kristiani melakukan perjalanan ibadah mereka. Hal ini menimbulkan banyak protes dari orang-orang Kristiani di Eropa untuk merebut kembali tanah suci mereka. Seruan ini dipimpin oleh Paus Urbanus II yang menyatakan bahwa dimana mereka mau membantu dalam perang salib ini akan dijanjikan pengampunan dosa.

Penyerangan Dan Kanibaliseme

Perang salib periode pertama dibagi menjadi beberapa periode, setelah sukses dengan pengepungan di Antioch tentara melanjutkan pengepungan ke Ma’arrat dengan kelelahan dan kelaparan. Pada Juli 1098 tentara salib berusaha mengepung Ma’arrat namun bisa diusir oleh para penduduk. Tentara salib kemudian menyerang kembali pada bulan November 1098.

Baca juga:  Resep Antibiotik Di Abad Pertengahan-Apa Itu? Simak Di Sini !

Setelah berupaya menyerang wilayah Ma’arrat dengan sekuat tenaga. Pada tanggal 12 November 1098, tentara salib yang dipimpin oleh Bohemond dari Taranto melakukan negosiasi dimana tentara muslim yang menyerah akan dijanjikan aman. Sayangnya janji itu tidak ditepati dan menjadi pembantaian penduduk Ma’arrat dimana 20.000 jiwa menjadi korbannya. Tentara salib yang sedang kelaparan menjadikan mereka kanibal dan melakukan kanibalisme.

Ternyata pada tanggal 12 Desember ada juga peristiwa menyeramkan yang terjadi. Bagaimana menurutmu ?

Source:
https://www.medievalists.net/2014/08/cannibals-crusaders/
https://www.solopos.com/catatan-peristiwa-dunia-hari-ini-12-desember-1941-sejumlah-negara-saling-deklarasi-perang-958157

2 thoughts on “The Phaistos Disk – Lingkaran Gambar Yang Menjadi Misteri. Mau tahu ?

  1. Ping-balik: Voynich Manuskrip Yang Menyimpan Teka-Teki. Seperti Apa Itu ?

KOTAK POS