Nature · Supplement

Pulau Kaimana Papua – Surga Tersembunyi Di Timur Indonesia.

Pulau Kaimana mungkin masih belum populer seperti pulau Bali, Raja Ampat atau Pulau Nusa Tenggara, namun pulau yang terletak di Papua ini menyimpan surga di dasar lautnya. Pulau kecil yang ada di kawasan Papua Barat kabupaten Kaimana, memiliki keindahan yang luar biasa dan cocok untuk yang ingin berfoto mengabadikan suasananya. Apa sih menariknya ?

Triton Bay, Kaimana Island
Triton Bay, Kaimana Island by https://www.luxuo.com

Surga Bagi Penyelam Di Triton Bay

Di Teluk Triton yang ada di wilayah Kaimana ini memiliki beberapa spesies laut langka yang dilindungi oleh badan konservasi dunia. Salah satunya adalah Whale Shark. Whale Shark sendiri merupakan jenis hewan terbesar di dunia yang panjangnya bisa mencapai 17 meter. Selain itu, jenis ikan ini sangat langka dan dilindungi.

Di wilayah lautan yang berada di antara Pulau Kaimana dengan Pulau Aiduma terdapat jenis koral lunak dan spesies laut lain seperti lumba-lumba. Pengunjung yang datang bisa menikmati keindahan koral dan bermain bersama whale shark dan lumba-lumba. Walaupun memiliki keaneka ragaman lautan yang melimpah, para nelayan lokal (yang dikenal sebagai bagan) tidak sembarangan menjaring terutama ikan hiu paus yang dipercaya merupakan roh leluhur mereka yang memberikan kebaikan kehidupan.

Dikenal Dengan Keelokan Senja-nya

Senja di Kaimana memang sangat terkenal hingga ada lagu yang menggunakan judul tersebut untuk mengambarkan bagaimana keindahan senja di kota kaimana. Kawasan Kaimana yang dekat dengan pesisir pantai membuatnya menjadi menawan ketika matahari mulai tenggelam. Bahkan keindahan itu pun sempat diabadikan oleh Presiden Joko Widodo melalui Biro Pers Sekretariatnya ketika ia melakukan perjalanan dinas ke Kaimana.

Letak Kaimana yang berada di bagian ‘leher’ kepala burung pulau papua sekaligus menghadap ke laut arafuru dan samudra pasifik membuat sepanjang kota yang dekat jalur pantai akan terlihat sangat menawan. Tidak hanya senja, tetapi pesona laut dan keanekaragaman biota laut pula yang menjadikan wilayah ini sayang untuk dilewatkan.

Setelah mendengar ini, ada yang tertarik pergi ke wilayah timur Indonesia. Yuk, mulai menabung dan cari tiket pesawatnya!

Source:
https://www.luxuo.com/motoring/yachting/triton-bay-kaimana-indonesia.html
https://www.pesonaindo.com/tours/kaimana-triton-tour/