Nature

Samudra Pasifik – Samudra Terdalam dan Terluas.

Jika kita melihat globe atau atlas dapat kita lihat bagian samudra pasifik hampir terlihat begitu luas di belahan bumi kita. Selain luas, samudra ini juga merupakan samudra terdalam yang menyisakan banyak misteri bagi peneliti bawah laut. Di dalam samudra pasifik ini juga terdapat palung terdalam di dunia. Apa sih hal mengerikan dan misteri yang ada di samudra ini ?

Samudra Pasifik
Gambaran Samudra Pasifik by https://www.thoughtco.com

Misteri Dasar Samudra

Samudra Pasifik dikenal memiliki kedalaman kira-kira 10,911 meter dan luas kira-kira 155.557 Juta kilometer persegi. Samudra ini menutupi hampir 28% permukaan di bumi dan itu hampir sama dengan jumlah total dataran di bumi. Sedangkan nama pasifik sendiri dinamai oleh Ferdinand Magellan tahun 1520 saat ia melakukan pelayaran di lautan yang tenang (Pasifik berarti tenang atau damai).

Di lautan ini memiliki misteri dimana belum ada peneliti yang mampu menembus bagian dasar dari samudra ini. Hal ini membuat para peneliti bertanya-tanya bagaimana kondisi dasar samudra yang sebenarnya. Para ahli meyakini bahwa dasar samudra mengalami proses daur ulang sendiri sehingga tidak ada kepastian bagaimana dasar laut ini terbentuk dan rupanya. Tidak hanya itu, perkiraan usia dari samudra pasifik juga masih diteliti.

Badai Besar Dan Masalah Sampah Laut Di Samudra Ini.

Samudra Pasifik melahirkan badai-badai terkuat yang pernah ada. Sebagai contoh, pada tahun 2018 badai terkuat tahun ini adalah Topan Mangkhut. Itu menghantam Filipina pada akhir September sebelum menghilang di daratan Cina. Selain itu, di samudra ini juga terdapat cincin api yang merupakan cekungan aktifitas tektonik dan vulkanik. Jika sedikit saja gugusan lempeng tektonik di wilayah cincin api ini bertabrakan, maka bencana besar seperti Tsunami bisa saja muncul menghantam pulau-pulau yang berada di dekatnya.

Saat ini yang menjadi permasalahan di samudra ini adalah ditemukannnya tumpukan sampah. Tumpukan sampah ini disebut Great Pacific Garbage Patch. Diperkirakan tumpukan sampah ini terangkut oleh kapal-kapal ikan yang melewatinya. Letak tumpukan ini berada di pulau Hawaii dan California yang luasnya hampir seluas kota Texas Amerika. Diketahui bahwa plastik ini sudah membunuh biota-biota laut yang ada di sana.

Bagaimana menurutmu nih? Apa kita mau menjaga kelestarian laut untuk kelangsungan kehidupan di bumi dengan mengurangi sampah dari sekarang ?

Source:
https://www.britannica.com/place/Pacific-Ocean
https://www.therichest.com/shocking/15-secrets-of-the-pacific-ocean-we-cant-explain/
https://www.thoughtco.com/geography-of-the-pacific-ocean-1435537