Nature

#TanyaKenapa Sinar Matahari Berwarna Kuning, Merah, Atau Orange?

#TanyaKenapa sinar matahari yang kita lihat bisa berwarna merah, kuning atau orange ya? Sebenarnya sinar matahari itu warnanya putih lho! Nah, lho kok bisa? Karena sinar matahari yang ada di angkasa bersinar dan melalui atmosfer sehingga spektrum atau gelombang warna yang terpancar bisa berbeda. Bagaimana proses terjadinya ?

Hasil gambar untuk sunlight color
Apa Warna Matahari ? By https://www.universetoday.com

Pengaruh Atmosfer Bumi

Nyatanya seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa atmosfer bumi memegang pengaruh penting terhadap pendaran cahaya matahari. Ketika cahaya matahari masuk ke atmosfer, cahaya ungu dan biru tersebar dan panjang gelombang warna matahari berubah menjadi merah.

Bila dilihat saat matahari memasuki lapisan atmosfer yang lebih tebal, atau saat matahari terbit dan terbenam, maka matahari tampak lebih oranye atau merah. Ketika dilihat melalui lapisan udara tertipis di tengah hari, matahari tampak paling dekat dengan warna aslinya, namun masih memiliki warna kuning.

Peran Dalam Pancaran Sinar Matahari

Tidak ada yang menyangka jika awan punya peranan dalam sinar matahari yang ditampilkan ke bumi. Untuk menghasilkan warna matahari terbenam yang jelas, awan harus cukup tinggi untuk mencegah sinar matahari tidak mengalami redaman atau kehilangan warna dengan melewati lapisan batas atmosfer. (Lapisan batas adalah lapisan di dekat permukaan yang mengandung sebagian besar debu dan kabut atmosfer).

Itulah mengapa warna merah tua, oranye, dan merah yang spektakuler paling sering menghiasi lapisan cirrus dan altocumulus, tetapi jarang awan rendah seperti stratus atau stratocumulus. Ketika awan rendah mengambil rona cerah, seperti yang sering terjadi di atas lautan terbuka di daerah tropis, itu adalah petunjuk bahwa atmosfer bagian bawah sangat bersih dan karenanya lebih transparan daripada biasanya.

Sudah tahu kan, kenapa matahari berwarna merah, orange atau kuning ? Selain itu banyak faktor yang mempengaruhi kualitas sinar matahari lho. Menurut kamu bagaimana nih?

Source:
https://www.scienceabc.com/nature/universe/whats-the-colour-of-the-sun-at-noon-in-space.html
https://www.nationalgeographic.com/news/2013/10/131027-sunset-sky-change-color-red-clouds-science/
https://www.forbes.com/sites/quora/2017/06/27/our-sun-is-a-white-star-so-why-does-it-appear-orange/#673ca9da9559

Satu tanggapan untuk “#TanyaKenapa Sinar Matahari Berwarna Kuning, Merah, Atau Orange?

Komentar ditutup.