History · Nature · Society

Caviar – Makanan Ini Seharga Rumah. Mau Mencoba ?

Caviar merupakan makanan paling mahal di dunia yang harga per porsinya bisa seharga satu unit rumah. Woww! Alasan dari mengapa harga makanan ini bisa mahal adalah karena berasal dari ikan yang hanya ada di wilayah laut mati dan laut caspian saja. Caviar sendiri sebenarnya berasal dari Telur ikan Sturgeon betina yang hidup di perairan dingin dan banyak ditemukan di Laut Mati dan Laut Caspia, serta beberapa menyebar di perairan dingin seperti di Rusia dan wilayah sekitar. Apa sih keistimewaan dari makanan ini ?

Albino Caviar
Albino Caviar by https://siamagazin.com

Caviar Di Lambangkan Sebagai Makanan Kelas Atas

Sejarah awal dari caviar ini di mulai sejak abad ke 4 SM ketika Aristotle yang mengadakan perjamuan dengan menyuguhkan telur-telur sturgeon sebagai makanan bangsawan. Kemudian, istilah caviar sendiri diperkenalkan oleh bangsa Persia yang berarti makanan kekuatan. Bangsa Persia mengaitkan makanan caviar ini memiliki efek dalam menambah stamina.

Seiring berjalannya waktu caviar diperkenalkan oleh bangsawan kelas atas di Inggris pada abad pertengahan. Raja-raja di Inggris melakukan penangkapan besar-besaran atas Sturgeon dan diambil telurnya sebagai makanan kerajaan, dan hanya sebagian besar dijual ke masyarakat. Akibatnya caviar diidentikkan dengan makanan kelas atas sejak zaman dahulu, selain karena budaya dan sejarah yang melibatkan kaum bangsawan juga karena rasa caviar yang lembut dan creamy.

Caviar Termahal Berasal Dari Albino Sturgeon

Caviar sejatinya adalah telur dari ikan betina sturgeon yang masa hidupnya bisa sampai 110 tahun. Dipercaya bahwa ikan sturgeon sudah hidup sejak zaman dinosaurus. Adapun jenis-jenis dari caviar yang paling umum dikonsumsi adalah beluga, sevruga dan osetra caviar. Dari itu semua harga Beluga Caviar mahal Perkilonya bisa mencapai US$10.000.

Keistimewaannya tidak hanya dari cita rasanya yang lembut, creamy dan gurih. Ikan dari Beluga merupakan jenis ikan dari spesies hugo hugo yag 15% dari berat badannya adalah telur. Selain itu, terdapat jenis Sturgeon Albino yang telurnya (caviar) bisa mencapai perkilo-nya bisa mencapai US$305,000 ( Rp 4,349,300,000 dengan kurs Rp 14,260)

Albino Sturgeon dikenal sangat langka sehingga peneliti mengatakan membutuhkan paling tidak 100 tahun untuk memulihkan spesies ini. Pematangan telur dari Albino sturgeon betina dibutuhkan paling tidak 19-22 tahun. Ikan ini hidup di lautan caspian di bagian selatan Iran. Tak khayal harga dari makanan ini sangat mahal. Masih mau mencicipi makanan ini ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan kalian dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://siamagazin.com/white-caviar-from-rare-albino-sturgeon-the-most-expensive-caviar-in-the-world/
https://www.odditycentral.com/pics/at-40000-per-teaspoon-albino-caviar-named-white-gold-is-the-worlds-most-expensive-food.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s