Nature

#TanyaKenapa Laut Berwarna Biru?

Pertanyaan #TanyaKenapa sebenarnya sederhana, tapi sebagian dari kita hampir tidak tahu kenapa bisa laut berwarna biru. Pada dasarnya warna biru itu dikenal langka di dunia, karena sedikit sekali makhluk hidup yang bisa menghasilkan warna biru. Lalu bagaimana laut berwarna biru?
Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa Kita Berbohong – Ternyata Ini Alasannya!
#TanyaKenapa Kita Meniup Lilin Saat Ulang Tahun. Ini Alasannya !
#TanyaKenapa – Kulit Atau Mata Ular Bisa Berwarna Biru ? Ini Penjelasannya.

Mengapa Lautan Berwarna Biru
Mengapa Lautan Berwarna Biru by https://www.coastalliving.com

Bukan Air Berpigment Biru !

Berdasarkan informasi yang di dapat dari Nasa (Badan Antariksa Amerika) warna biru pada lautan disebabkan karena pancaran sinar matahari dan gelombang warna yang dipancarkan dari dalam air laut. Pada dasarnya sinar matahari memiliki gelombang warna merah, kuning dan hijau dengan gelombang merah yang dominan. Sinar matahari yang mengenai lautan diserap dan berkolaborasi dengan warna jernih air di lautan. Hasilnya adalah pantulan warna biru yang terlihat dipermukaan.

Jika di dalam lautan yang sangat dalam sinar matahari yang masuk sedikit maka pancaran warna yang terjadi adalah warna biru gelap. Hal ini disebabkan karena panjang gelombang warna merah, hijau dan kuning sangat sedikit masuk ke dalam perairan yang dalam sehingga warna yang muncul dipermukaan adalah warna biru gelap.
Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

#TanyaKenapa Kembang Api Ada Di Kemeriahan Acara ? Ini Ceritanya!
#Tanya Kenapa Lambang Swastika Menjadi Lambang Nazi Jerman ?

Miskonsepsi Warna Laut Pantulan Dari Langit

Masih banyak yang mengira bahwa lautan merupakan pantulan dari warna langit. Hal ini justru berkebalikan dari fakta yang ada. Warna langit merupakan pantulan dari lautan sendiri. Warna biru pada lautan sebenarnya beraneka ragam tergantung dari tingkat kedalaman, kejernihan air, volume air dan biota yang ada di dalam lautan.

Selain itu, pasir dan lumpur yang dibawa dari sungai mempengaruhi bagaimana warna lautan. Yang tidak kalah penting adalah peran fitoplakton yang menyerap sinar matahari untuk berfotosintesis. Fitoplankton ini membantu bumi dalam menghasilkan setengah dari okisgen yang kita hirup. Selain itu, fitoplakton ini banyak sekali menyerap warna merah dari warna radiasi matahari sehingga tidak heran ada lautan yang memantulkan warna hijau di beberapa tempat.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Normalkah Orang Latah Itu ? Ini Gangguan Psikologis !
#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

Karena kadar kejerihan dan kebersihan air mempengaruhi biota yang ada di laut, melindungi lautan agar tetap biru dan bumi tetap sehat menjadi kewajiban bersama. Sudahkah kita berpartisipasi menjaganya ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu mencari jawabannya dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.thoughtco.com/why-is-the-sea-blue-2291878
https://www.scientificamerican.com/article/why-does-the-ocean-appear/