Culture · History · Supplement

Penny Farthing – Legenda Hidup Sepeda Masa Kini.

Sepeda roda dua yang kita pakai saat ini sebenarnya memiliki model awal yang agak unik. Roda yang kita lihat pada sepeda roda dua memiliki ukuran yang sama besar. Pernah tidak kita melihat sepeda yang rodanya besar sebelah ? Ternyata sebelum memiliki ukuran yang sama pada rodanya, sepeda zaman dulu memiliki roda yang lebih besar pada bagian depan dan kecil pada bagian belakang yang biasa disebut Penny Farthing . Mengapa bisa modelnya begitu ?

Sepeda Penny Farthing
Sepeda Penny Farthing by https://www.columbusridesbikes.com

Penny Farthing Sepeda Trendi Tahun 1860-an

Pada awal masa kemunculan sepeda, roda pada bagian depan terlihat lebih besar dari pada roda bagian belakang. Sepeda jenis ini terinspirasi dari koin terbesar dan terkecil yang dikeluarkan pada tahun 1880-an di Inggris. Yang membedakan dengan sepeda zaman sekarang adalah ‘gigi’ atau rantai agar membuat sepeda bergerak. Namun pada sepeda tinggi / penny farthing ia bergerak tanpa perlu rantai, ia hanya menggunakan pedal yang dibuat tinggi pada bagian roda depannya.

Awalnya sepeda jenis ini diproduksi di Paris tahun 1860 oleh Eugène Meyer of Paris dan kemudian dibawa ke Inggris tahun 1880. Sepeda ini kemudian dikembangkan dengan model bahan yang lebih baik dari sebelumnya oleh James Starley di tahun 1880 yang menjadikan tahun keemasan bagi sepeda Penny Farthing. Bahan roda terbuat dari karet ban, dengan rongga pada rodanya serta bahan baja pada rodanya membuatnya menjadi standart pembuatan sepeda masa itu.

Pasang Surut Penny Farthing Sebagai Sepeda

Setelah menjadi populer akibat banyak minat para pengguna sepeda masa itu yang memilih penny farthing. Selain karena ia bisa melaju lebih jauh dengan skali kayuh, serta cocok untuk medan yang berbatu dan terjal. Nyatanya tidak sedikit masyarakat yang mengaku kesulitan menggunakan sepeda ini.

Sepeda ini kehilangan pamornya akibat banyaknya orang yang merasa kesulitan ketika menaiki dan menuruni sepeda ini karena model tunggangannya yang jauh dari tanah. Selain itu, banyak kecelakaan dan pengendara yang terluka akibat menaiki sepeda tinggi ini. Apalagi ketidak mudahan yang didapat pengendara ketika mereka harus menuruni bukit.

Pada tahun 1885, ketika keponakan James Starley yaitu John Kemp Starley mengembangkan sebuah sepeda yang kedua bannya lebih dekat dengan tanah dan dilengkapi dengan rantai untuk menghubungkan pedal dengan roda depan dan belakang, secara cepat sepeda ini menarik perhatian kalangan masyarakat. Pamor gemilang penny farthing digantikan dengan sepeda jenis baru bernama Rover Safety Bicycle.

Apa dari kalian masih bertanya dari mana bentuk sepeda itu ? Atau kalian punya pendapat lain? Silahkan komen dikolom komentar ya!

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan dikolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan itu dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.mortaljourney.com/2011/03/all-trends/penny-farthing-bicycle-and-the-history-of-the-bicycle
https://www.britannica.com/technology/bicycle/From-boneshakers-to-bicycles#ref183551
http://www.bbc.co.uk/ahistoryoftheworld/objects/0_334gIjQoG4aDcDKzaymg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s