Culture · History · Nature · Society

Pupu Spring – Mata Air Terjernih Di Dunia. Dimana Itu ?

Tingkat pencemaran dunia yang semakin meningkat banyak komponen seperti wilayah pertanahan, perairan dan udara yang tercemar. Namun, dari kondisi yang seperti itu ada beberapa tempat yang kondisinya masih terawat salah satunya adalah wilayah perairan di Selandia Baru. Tempat itu bernama Pupu Spring. Seperti apa tempat itu ?

Pupu Spring Memiliki Tingkat Kejernihan Air Hingga Dasar

Pupu Spring terletak di sebelah selatan Selandia Baru berlokasi di Golden Bay dimana menjadi perairan terjernih di dunia selama 10 tahun berturut-turut. Mata air ini mampu memproduksi air sebesar 14.000 liter per detik. Tingkat kejernihan air ini bisa mencapai jarak pandang 63 meter ke bawah mata air dan memiliki air yang sejuk dengan suhu 11,7 derajat celcius.

Dibagian dasar dari mata air ini berupa pasir putih sedangkan air akan keluar dari sela-sela pasir yang membuatnya seolah seperti menari. Karena fenomena ini tempat ini dinamakan Te Waikoropupu Spring yang berarti tempat pasir menari. Disini para penyelam bisa menikmati pemandangan alam di bawah mata air ini dengan jelas.

Vegetasi tanaman di bagian bawah mata air mayoritas ditumbuhi oleh lumut dan liverworts (jenis lumut daun). Selain itu, disekeliling dari mata air ini masih berupa hutan yang alami dimana menjadi rumah bagi tanaman asli wilayah ini seperti pohon Podocarp (pohon berdaun duri).

Ada Legenda Dari Mata Air Ini !

Siapa bilang bangsa barat tidak mengenal legenda. Mata air ini sangat dijaga oleh warga lokal dan pemerintahnya karena merupakan situs budaya asli suku Maori. Di mata air pupu ini dipercaya dan disakralkan oleh bangsa Maori sehingga mata air ini dibagi menjadi 2 kawasan yang boleh dikunjungi dan tertutup bagi wisatawan. yaitu Te Waikoropupu dan Wahi tapu (tempat sakral).

Te Waikoropupu dipercaya sebagai rumah bagi Tanihwa (makhluk mitologi suku Maori) yang bernama Huriawa. Makhluk penyelam yang bertugas membersihkan perairan air agar airnya selalu mengalir dan ia tinggal di dasar perairan atau tanah. Bagi bangsa Maori Pupu Spring (bagian wahi tapu) dijadikan tempat sakral untuk upacara kematian, kelahiran, hingga penyembuhan.

Di dunia yang sudah tercemar seperti ini, masih ada tempat yang bersih dan jernih serta terjaga keasliannya. Mari kita jaga bersama tempat ini agar lestari !

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan kalian dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.stuff.co.nz/travel/destinations/nz/108541820/world-famous-in-new-zealand-te-waikoropup-springs-takaka
https://www.lonelyplanet.com/new-zealand/takaka/attractions/te-waikoropupu-springs/a/poi-sig/1199609/362703

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s