Culture · History · Society

#TanyaKenapa Angka 13 Dianggap Sial ?

Mendengar angka 13 pasti orang-orang tidak asing dengan kepercayaan yang mengatakan bahwa angka ini membawa sial. Orang-orang Eropa dan Amerika serta beberapa negara di dunia percaya angka ini membawa kesialan. Ada juga rumah yang mennghindari angka 13 dan lantai bangunan yang tidak mau menggunakan angka pada bangunannya. Apa sebabnya angka ini dianggap sial ?
Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa Kita Berbohong – Ternyata Ini Alasannya!
#TanyaKenapa Kita Meniup Lilin Saat Ulang Tahun. Ini Alasannya !
#TanyaKenapa – Kulit Atau Mata Ular Bisa Berwarna Biru ? Ini Penjelasannya.

Berbagai Versi Cerita Angka 13 Dianggap Sial

Belum jelas mengapa angka 13 ini dianggap sial oleh sebagian orang yang percaya. Namun, berdasarkan pada kitab Bible bahwa pada acara perjamuan yang diselenggarakan oleh Jesus terdapat Judas Iscariot yang menjadi tamu ke 13 pada acara tersebut disebut pengkhianat Jesus,

Tidak hanya pada kitab Bible yang menyebutkan adanya keganjilan pada angka ke 13. Pada kepercayaan bangsa Nordik yang berhubungan dengan Dewa ke 13 (Dewa Loki) yang membunuh Dewa Baldr yang juga merupakan orang ke 13 yang hadir pada pemakamannya. Diisyaratkan pada kepercayaan itu bahwa orang ke 13 yang hadir pada suatu perkumpulan akan meninggal pada tahun berikutnya.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa Cuaca Dingin Buat Kita Jadi Sering Buang Air. Ini Lho Temuannya!
#TanyaKenapa Orang Kurang Kompeten Bisa Kepedean. Ada Yang Tahu ?
#TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

Kerugian Adanya Kepercayaan Ini ??

Karena adanya kepercayaan dimana angka 13 menjadi angka sial, kondisi ini berdampak pada perekonomian yang terjadi di negara barat. Banyak orang-orang yang mengaitkan tanggal 13 sebagai angka sial, sehingga perekonomian pada tanggal ini menjadi lesu dan menurun.

Selain itu ketakutan berlebihan akan kepercayaan pada angka 13 ini juga menimbulkan penyakit psikologis yang bernama triskaidekaphobics. Kondisi ketakutan yang berlebihan ini akan mempengaruhi aktifitas sehari-hari yang berkaitan dengan tanggal 13. Seorang peneliti Igor Radun dari The Human Factors and Safety Behavior Group di University of Helsinki’s in Finland mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk percaya sebuah angka itu membawa sial atau keberuntungan kecuali kita yang membuatnya demikian.

Dari data penelitian yang dilakukan oleh orang-orang ia mengatakan tanggal yang dilaporkan pada tanggal 13 berhubungan dengan kecelakaan, penurunan stock nilai tukar dan lainnya, tanpa memberi data pendukung seperti berapa persen peningkatan keselamatan berlalu lintas dan sebagainya. Jika hanya mengambil satu data dan mengaitkan dengan takhayul justru akan memperluas gambaran negatif dari takhayul itu sendiri.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Normalkah Orang Latah Itu ? Ini Gangguan Psikologis !
#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

#TanyaKenapa Kembang Api Ada Di Kemeriahan Acara ? Ini Ceritanya!
#Tanya Kenapa Lambang Swastika Menjadi Lambang Nazi Jerman ?

Jika dipikirkan semua angka adalah angka keberutungan, karena dengan berfikir semua angka adalah keberuntungan maka keberuntungan juga yang akan diperoleh. Stay Positif ya !

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan itu, dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang,

Source:
https://www.history.com/news/whats-so-unlucky-about-the-number-13
https://www.theodysseyonline.com/13-reasons-why-the-number-13-is-considered-unlucky

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s