Culture · History

Princess Sissi – Karena Cantik Tak Selamanya Bahagia.

Setiap orang mendambakan menjadi cantik, karena dengan cantik banyak yang berfikir bisa menarik perhatian siapa saja. Sayangnya, tidak semua orang yang cantik bisa mendapatkan kebahagiaan. Salah satunya adalah Princess Sissi dari Bavaria. Bagaimana perjalanan hidupnya ?

Princess Sissi
Princess Sissi by https://worldhistory.us

Lahir Dari Keluarga Bangsawan Yang Bebas.

Princess Sissi memiliki nama Elisabeth Amalie Eugenie yang lahir pada tanggal 24 Desember 1837 di Bavaria, Jerman. Ia anak ke 4 dari 10 bersaudara yang dilahirkan oleh pasangan Princss Ludovika (anak dari Raja Maximilliam I) dengan Duke of Maximilliam. Keluarga bangsawan itu merupakan keluarga yang liberal dan anak laki-laki atau perempuan mendapatkan pendidikan yang sama.

Ketika usia Princess Sissi 15 tahun, ia ditunangkan dengan raja Austria yaitu Franz Josef yang pada awalnya berencana ditunangkan dengan kakaknya Helene. Karena Raja Austria terpesona oleh kecantikan Princess Sissi, ia pun melamarnya atas persetujuan Archduchess Sophie yang juga merupakan bibi Princess Sissi. Ia menikah pada tahun 1854 di usia 16 Tahun.

Ketidakbahagiaan Di Kerajaan Yang Mengangkat Namanya.

Kecantikannya tidak selalu berbanding lurus dengan kebahagian yang diperolehnya. Setelah ia menikah, ia jarang menghabiskan waktu bersama dengan suaminya karena tugasnya yang memimpin kerajaannya. Mereka jarang mendapatkan waktu untuk menikmati masa-masa pernikahannya. Bahkan, kehidupan kerajaan Austria yang mengikat dan kaku membuatnya semakin kesepian dan itu sangat berbeda dengan kehidupannya yang bebas.

Hidupnya tidak tenang, ia kerap bersitegang dengan ibu mertuanya sekaligus bibinya. Bibinya Archduchess Sophie kerap mengkritik tingkah laku Princess Sissi, gaya berpakaian, hingga cara bersikapnya. Bahkan, tak lama ketika ia melahirkan putri pertamanya, ibu mertuanya meminta segala hak asuh dan nama untuk cucunya itu. Alasannya adalah karena Sissi terlalu muda untuk melakukannya. Baru setelah melahirkan anak keduanya ia berani mengambil sikap dan akhirnya kedua anaknya diasuh oleh Princess Sissi.

Wanita Yang Membawa Kemerdekaan Bagi Hungaria.

Ketika pada akhirnya ia menderita depresi akibat peraturan kerajaan, hubungan yang tidak harmonis dengan ibu mertuanya hingga ia harus kehilangan anak pertamanya Si Sophie kecil akibat disentri. Dokter menyarankannya untuk mengambil liburan di wilayah hangat. Ia kemudian memilih wilayah Mediteran sebagai lokasi wisatanya. Ia pun juga kembali bahagia setelah melahirkan anak laki-laki bernama Rudolf.

Sejak saat itu, ia senang sekali berpergian ke beberapa wilayah termasuk Hungaria dan mempelajari bahasa serta budaya disana. Pada saat terjadi ketegangan di Eropa akibat Revolusi, Hungaria meminta kebebasan saat berada dib bawah Austria namun tidak diberikan oleh Austria. Princess Sissi yang saat itu sempat mengagumi salah satu patriot Hungaria sekaligus pemberontak Gyula Andrássy dan Princess Sissi lah yang menjadi penengah Franz Josef dengan Andrássy untuk kesepakatan kebebasan menjalankan pemerintah sendiri Hungaria namun tetap berada di bawah Kerajaan Austria. Di Hungaria pula ia melahirkan anak ke empatnya bernama Maria Valerie.

Akhir Ketidak Bahagiaan Adalah Kematiannya.

masalah demi masalah berputar dalam hidupnya. Tahun 1889, ketika Rudolf menjadi putra Makhkota Austria, ia ditemukan bunuh diri bersama dengan kekasihnya Marie Vestera yang berusia 17 Tahun. Ia pun kembali ke Austria akibatnya depresinya kembali menyerangnya sehingga tak lama kemudian ia berpergian lagi ke wilayah Corfu, Mediterania.

Tahun 1898, ia berkunjung ke Geneva. Tepat saat ia tiba di pelabuhan di sisi danau untuk menaiki kapal Ferry, ia ditusuk oleh seorang anarkis asal Italia bernama Luigi Luccheni yang menurut keterangannya tidak bermaksud menyerang Ratu Austria itu , namun ia hanya berambisi ingin membunuh seorang Raja. Princess Sissi dimakamkan di Wina, Austria.

Memiliki kecantikan tidak selalu berbanding lurus dengan kebahagiaan yang didapatkan. Lalu, bagaimana kamu menafsirkan bahagia itu sendiri ? Silahkan komen di kolom komentar ya !

Source:
https://www.thevintagenews.com/2018/05/25/empress-elisabeth/
https://dailynewshungary.com/sisi-queen-of-hungary-and-empress-of-austria/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s