Culture · Nature · Society

Sardinia, Italia – Rahasia Pulau Dengan Banyak Penduduk Usia Tua Yang Sehat.

Memiliki jiwa yang sehat dan bahagia, pasti menjadi dambaan banyak orang. Namun, di era milenial dan kecenderungan perubahan pola hidup memuat banyak orang mengalami gangguan mental dan penyakit psikologis. Hal ini tentu sangat merugikan bagi individu dan kelangsungan hidupnya. Lalu, kondisi ini teryata tidak berlaku di salah satu kota di Italia bernama Sardinia. Kota ini dikenal memiliki penduduk yang hidup hingga usia yang sangat tua dan sehat. Bagaimana itu terjadi ?

Image result for blue zone sardinia
Sardinia Dalam Peta Blue Zone by https://www.weforum.org

Pulau Sardinia Dan Umur Panjang Penduduknya

Pulau sardinia terletak di Italia yang berada di tengah-tengah laut mediterania. Pulau ini dikelilingi oleh lautan dengan pasir putih yang indah, serta gunung-gunung yang tidak terlalu tinggi. Alamnya yang masih asri dengan hewan-hewan yang masih dilepas bebas seperti rusa, domba albino dan pohon yang berusia ratusan tahun membuat pulau ini banyak dikunjungi wisatawan.

Selain keindahan wilayah alamnya, pulau ini dikenal sebagai pulau yang memiliki penduduk usia lanjut yang sehat. Dalam populasi pulau Sardinia yang kurang lebih 10.000 jiwa terdapat palinng tidak 21 orang yang berusia 100 tahun lebih dan beberapa di antaranya adalah Orang Amerika yang tinggal di sana.

Para peneliti yang meneliti selama seratus tahun belakangan mengatakan kondisi wilayah ini dipicu oleh peran Gen orang-orang yang hidup disana. Namun seorang dokter ahli medis bernama Dr. Pes mengatakan bahwa gen yang mereka miliki sama dengan gen yang dimiliki penduduk dunia pada umumnya yang juga bisa menderita penyakit kardiovasculas atau kanker.

Rahasia Hidup Bahagia = Koneksi Antar Manusia !

Sebenarnya wilayah ini memiliki sedikit populasi, tempatnya juga termasuk terisolasi dari wilayah lain dan sebagian besar masyarakatnya masih hidup secara tradisional. Mereka masih menangkap ikan, berburu, hingga bercocok tanam tumbuhan yang mereka konsumsi.

Dengan sedikit populasi masyarakat Sardinia, mereka saling mengenal tetangga dan kerabatnya. Mereka sering berkumpul dengan kerabat dekatnya sehingga koneksi hubungan sangat dekat. Bagi mereka berkumpul bersama dengan kerabat bisa mengurangi level stress dan meningkatkan kebahagiaan.

Dengan berkumpul dan bersosialisasi dengan kerabat mereka bisa saling berbagi kasih sayang yang sangat berdampak pada kesehatan mental. Mereka sering berkumpul dan menikmati sebotol wine dengan kerabat, tertawa dan bercengkerama bersama. Selain itu, tidak ada pembedaan usia untuk yang muda dan yang tua. Mereka saling melengkapi sebagai salah satu bentuk kehidupan bersama.

Bukankah itu hal yang sangat menyenangkan dan membahagiakan. Mau hidup lama dan bahagia seperti masyarakat Sardinia ? Yuk, sering berkumpul bersama dengan keluarga.

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.lonelyplanet.com/italy/sardinia
https://www.usatoday.com/story/news/world/2017/11/14/sardinia-oldest-people-world-italy/811783001/
https://italialongevity.it/sardinialongevityfood/
https://www.theguardian.com/unsolvedmysteries/story/0,,1155662,00.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s