History · Literature · Society

#Tanya Kenapa Lambang Swastika Menjadi Lambang Nazi Jerman ?

Mendengar lambang swastika dalam benak kita akan berpikir lambang ini milik agama Hindu dan hal yang berhubungan dengan Nazi Jerman. Sebenarnya lambang ini sudah lama ada pada zaman purba. Hal ini dikuatkan dengan ditemukannya lambang swastika sebuah ukiran dari gading mamooth berbentuk burung dengan lambang swastika berusia 15.000 tahun. Arti dari ukiran itu adalah melambangkan kesuburan dan keselamatan. Sedangkan, dalam ajaran Hindu di India lambang ini ditemukan di beberapa kuil yang memiliki arti kebaikan. Lalu, #TanyaKenapa Nazi mengadopsi lambang ini ?

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa Kita Berbohong – Ternyata Ini Alasannya!
#TanyaKenapa Kita Meniup Lilin Saat Ulang Tahun. Ini Alasannya !
#TanyaKenapa – Kulit Atau Mata Ular Bisa Berwarna Biru ? Ini Penjelasannya.

Lambang Swastika Populer Di Seluruh Dunia

Lambang swastika sendiri tidak hanya dikenal di India untuk ajaran Hindu atau Buddha. Lambang ini juga sudah dikenal di seluruh dunia sebelum Jerman Nazi mengadopsinya. Sejak zaman besi atau perunggu lambang ini sudah banyak ditemukan diwilayah Eropa, Asia, Ameika hingga Afrika.

Pada abad ke 19 seorang arkeolog Heinrich Schliemann menemukan lambang swastika pada reruntuhan situs Troya dimana ia menghubungkan dengan lambang yang serupa pada tembikar di Jerman dan mengartikannya sebagai lambang agama pada zaman leluhur bangsa Jerman.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa Cuaca Dingin Buat Kita Jadi Sering Buang Air. Ini Lho Temuannya!
#TanyaKenapa Orang Kurang Kompeten Bisa Kepedean. Ada Yang Tahu ?
#TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

Akibat dari temuannya itu, nama Heinrich menjadi terkenal. Tidak hanya ia menemukan situs bangsa Troya tetapi menguak lambang swastika yang dipakai oleh bangsa Eropa. Apapun temuannya yang dilakukan, pasti dinantikan oleh banyak cedikiawan masa itu. Bahkan, akibat ketenarannya dan lambang swastika. Lambang ini juga dipakai pada produk coca-cola.

Swastika dan Pergeseran Maksa Oleh Nazi Jerman

Setelah hasil temuan Arkeolog Heinrich dibawa ke Jerman, para politikus hingga negarawan mengambil lambang swastika ini untuk dijadikan sebagai lambang partai Sosialis yang dipimpin oleh Adolf Hitler pada tahun 1920.

Para negarawan menganggap lambang ini merupakan lambang yang cocok untuk tujuan pemurnian di Jerman. Pemurnian yang dimaksudkan adalah bahwa masyarakat yang berhak tinggal di Jerman dan Eropa haruslah bangsa dari Ras Arya (Indo-Eropa). Jika merujuk pada lambang swastika sudah digunakan pada zaman kuno, para negarawan ini menganggap bahwa ras nenek moyang bangsa mereka adalah ras Arya yang kedudukannya lebih tinggi sehingga ras bangsa lain harus dimusnahkan.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Normalkah Orang Latah Itu ? Ini Gangguan Psikologis !
#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

#TanyaKenapa Kembang Api Ada Di Kemeriahan Acara ? Ini Ceritanya!

Para negarawan menganggap lambang ini merupakan lambang yang cocok untuk tujuan pemurnian di Jerman. Pemurnian yang dimaksudkan adalah bahwa masyarakat yang berhak tinggal di Jerman dan Eropa haruslah bangsa dari Ras Arya (Indo-Eropa). Jika merujuk pada lambang swastika sudah digunakan pada zaman kuno, para negarawan ini menganggap bahwa ras nenek moyang bangsa mereka adalah ras Arya yang kedudukannya lebih tinggi, sehingga ras bangsa lain harus dimusnahkan.

Akibat pemikiran itu, muncullah peristiwa Genosida atau pemusnahan umat manusia di Jerman da beberapa negara Eropa. Sehingga lambang swastika yang dulunya adalah lambang kebaikan menjadi bergeser ke arah yang tidak baik. Namun, terlepas dari fakta bahwa lambang ini pernah dipakai oleh Nazi Jerman, tetap saja memiliki arti yang mengandung kebaikan sesuai dengan bukti dari benda-benda nenek moyang. Bagaimana menurut kalian ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.historyextra.com/period/second-world-war/how-why-sanskrit-symbol-become-nazi-swastika-svastika/
http://mentalfloss.com/article/57165/why-did-nazis-hijack-swastika
https://www.smithsonianmag.com/history/man-who-brought-swastika-germany-and-how-nazis-stole-it-180962812/

2 tanggapan untuk “#Tanya Kenapa Lambang Swastika Menjadi Lambang Nazi Jerman ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s