Nature

The Machineel – Pohon Paling Mematikan Di Dunia. Mau Mendekat ?

Menanam pepohonan merupakan salah satu cara untuk membersihkan udara dari karbondioksida. Tanaman menjadi salah satu makhluk yang bisa menghasilkan oksigen. Namun, apa jadinya jika di jalanan ada pohon mematikan yang ditanam. Berdekatan dengan pohon ini bahkan bernaung dibawah pohon ini saat hujan sangat berbahaya tentu sangat merepotkan ya ? Salah satu tanaman yang patut dijauhi adalah Pohon Machineel, pohon yang memiliki buah mirip apel ini dikenal sangat berbahaya. Bagaimana bisa ?

pohon machineel
The machineel tree by https://owlcation.com

Kembaran Buah Apel Yang ‘Antagonis’

Pohon machineel ini bisa ditemui di wilayah pesisir Karibia. Pohon ini tinggi dan besar serta rimbun. Selain itu, pohon ini memiliki buah yang mirip dengan apel hijau. Pohon ini banyak ditanam di pinggir pantai karena tanaman ini bisa menahan erosi.

Sayangnya, walau bermanfaat ia juga dikenal paling berbahaya dan mematikan, serta memiliki sifat ‘Antagonis’ dibanding dengan jenis tanaman pelindung lain. Mengapa begitu ? Tanaman yang memiliki nama ilmiah Hippomane mancinella ini memiliki senyawa karsinogenik yang bisa mematikan jika terpapar tubuh. Hampir semua bagian dari tumbuhan ini memiiki racun mulai dari buah, getah dari batangnya dan daunnya.

Buah dari tanaman ini diketahui memiliki rasa yang manis, namun setelahnya akan dimulai penyiksaan terhadap bagian tubuh. Orang yang memakan buah yang mirip apel ini bisa merasakan panas pada tenggorokannya. Senyawa berbahaya apa yang ada di dalamnya ?

Jangan Mendekat Atau Maut Akan Menjemput !

wilayah yang mana terdapat pohon ini tumbuh, pasti akan memberikan peringatan untuk berada dekat dengan tanaman ini. Bahkan, saat hujan turun dimana biasanya kita mencari pohon untuk berteduh, untuk pohon ini jangan sekali-kali dicoba ! Senyawanya tidak hanya karsiogenik yang ada di dalamnya, melainkan beberapa kandungan berbahaya lain.

Salah satu senyawa kimia organiknya adalah Phorbol yang bisa larut dalam air dan tak terlihat. Saat hujan turun, kemudian mengenai dahan atau daun yang mengandung getah dari tanaman ini dan di saat yang bersamaan kita berada di bawahnya petaka pasti mengintai. Kandungan getah dari pohon ini yang mengandung phorbol, jika mengenai kulit akan terasa melepuh dan kasus paling parah bisa menyebabkan kebutaan !

Selain berbahaya, sebenarnya tumbuhan ini juga memiliki manfaat bagi lingkungan sekitar pantai. Pohon ini bisa bertahan dari badai angin dan menahan tanah dari erosi.

Sudah pernah melihat pohon ini ? Atau mau beradu nyali dengan pohon ini ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan siap membantu menjawabnya, dan siapa tahu pertanyaan kalian bisa membantu membuka wawasan bagi banyak orang !

Source:
http://www.bbc.com/earth/story/20150817-earths-most-poisonous-plants
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1127797/
https://www.mnn.com/family/protection-safety/blogs/why-manchineel-might-be-earths-most-dangerous-tree

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s