Culture · Nature · Society

The Petrifying Well – Sumur Yang Mampu Membuat Benda Jadi Batu. Kutukan Atau Apa Sih ?

Di wilayah Inggris ada sebuah tempat yang merupakan bekas sumur, dimana air dari tempat ini bisa membuat benda apapun berubah menjadi batu dalam waktu 3-5 bulan. Ini seperti kisah malin kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya akibat durhaka, namun benarkah tempat ini dikutuk ?

Related image
Sumur Membatu The Petrifying Well by https://www.ripleys.com

The Petrifying Well Dan Kisah Kutukan Yang Melegenda.

Di wilayah Yorkshire Utara tepatnya di tepi sungai Nidd dekat kota Knareshborough terdapat sumur yang dulunya dipercaya bisa menyembuhkan segala jenis penyakit dan disebelah sisi sumur terlihat seperti tengkorak yang membuat tempat ini dipercaya dikutuk oleh iblis. Pada tahun 1488 lahir seorang anak gadis bernama Ursula Sontheil yang kemudian dikenal sebagai Mother Shipton. Ia memiliki wajah yang buruk seperti iblis sampai ia besar. Ia memiliki kemampuan dalam meramal, bahkan ia mampu meramal adanya kebakaran besar pada tahun 1666 di London.

Lalu pada tahun 1630 Raja Charles I menjual tanah di Petrifying Well kepada Sir Charles Slingsby yang merupakan penduduk lokal disana. Sir Charles ini selanjutnya membuka wisata pertama kali untuk umum dan membuat keberadaan sumur membatu ini semakin terkenal dan diketahui secara luas.

Penjelasan Ilmiah Untuk The Petrifying Well

Di ilmu pengetahuan modern, para peneliti melakukan percobaan dengan membawa sample air dari sumur ini. Dari hasil penelitian para ahli menyimpulkan bahwa air dari sumur ini memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi. Benda yang terkena mineral sangat tinggi ini akan menguap yang menyebabkan benda berubah menjadi batu dalam waktu 3-5 bulan.

Sayangnya anggapan bahwa dengan meminum air dari sumur ini bisa menyembuhkan segala penyakit tidaklah benar. Hal ini dikemukakan oleh salah satu mahasiswa Henry VII pada tahun 1538 yang datang untuk pertama kali ke The Petrifyng well bahwa meminum air dengan kandungan mineral sangat tinggi tidaklah aman bagi kesehatan. Walau sudah ada anggapan seperti itu, kekuatan magic dan kepercyaan mitos akan tempat ini masih kuat.

Jika kamu ingin berkunjung disini, disekitarnya akan kamu temukan penjual-penjual souvenir dari bekas benda yang ditinggalkan oleh pengunjung sebelumnya dalam kondisi membatu. Ada yang berminat kemari ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan itu dan siapa tahu dari pertanyaan itu akan membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.atlasobscura.com/places/mother-shipton-s-cave-and-the-petrifying-well
https://www.thevintagenews.com/2018/02/19/the-petrifying-well/
https://www.dailymail.co.uk/travel/article-3208800/The-mysterious-Petrifying-said-cursed-Devil-turns-everyday-objects-STONE.html