Galaxy M87

Berita mengejutkan dan tidak terduga disampaikan oleh para peneliti, dimana black hole tertangkap oleh teropong bumi pada bulan April 2019 ini. Temuan ini merupakan salah satu temuan besar yang mana menjawab misteri dunia mengenai apakah keberadaan Black Hole dari teori Relativitas Einsten itu nyata.

Terbukti sudah teori itu menjawab satu pertanyaan dari sekian banyak pertanyaan dari Alam semesta. Black hole sendiri di temukan dalam sebuah jajaran galaxy M87, apa itu Galaxy M87?

Gambar terkait
Galaxy M87 Di Jajaran Bintang Virgo by https://qz.com

Galaxy M87 Raksasa Ditemukan Sebelum Tahun 2019

Galaxy M87, tempat black hole ini ditemukan nyatanya sudah ditemukan sebelum black hole ini muncul. Galaxy ini ditemukan tahun 1781 oleh Charles Messier dimana letaknya sekitar 53 Juta tahun cahaya dari bumi dan masuk dalam konstalasi bintang Virgo. Galaxy M87 termasuk galaxy raksasa dimana di dalamnya terddapat 15.000 gugus bintang globular. Jika, dibandingkan dengan galaxy kita, Galaxy M87 ukurannya lebih besar dan lebih banyak galaxy di dalamnya.

Baca juga:  Perbedaan Greenland Dan Australia Dalam Penyebutan Pulau dan Benua. Ada Yang Tahu ?

Galaxy ini memiliki cakram padat yang beputar disekeliling lubang hitam galaxy M87 dengan kecepatan 3,5 juta km/jam. Rotasi cakram ini memiliki medan magnet yang besar dan menghasilkan materi-materi kecil yang masuk ke dalam lubang hitam hampir bersamaan dengan cahaya. Ia juga memiliki gelombang radio yang besar dan cahaya yang terpancar dari galaxy ini kecepatannya bisa mencapai 5.000 tahun cahaya ke arah luar galaxy.

Proses Cahaya M87 Sampai Ke Bumi.

Awalnya penempatan penglihatan teropong bintang dunia diarahkan pada sekitar jajaran bima sakti. Namun, pada jajaran galaxy ini kemungkinan kecil untuk menemukan lubang hitam. Lubang hitam yang terletak di galaxy kita yang bernama Sagitarius A, memiliki kekuatan yang lemah dibanding dengan lubang hitam galaxy di luar bima sakti.

Baca juga:  Fenomena Polar Night - Apa Jadinya Jika Malam Lebih Lama Dibanding Siang?

Pada akhirnya, teropong bintang diarahkan ke galaxy yang lebih besar dari bima sakti yaitu Galaxy M87 sekaligus galaxy yang lebih dekat dengan galaxy Bima sakti. Para peneliti, mulai merubah arah pengamatan sejak tahun 2017 karena menyadari adanya pijaran cahaya dan gelombang radio yang tertangkap dari galaxy M87 ini. Pijaran cahaya di galaxy ini bernama X-ray jet yang berpijar sangat kuat sehingga tertanggap oleh sinyal radio pada teleskop digital di bumi.

Dan di galaksi kita berada, tidak hanya bima sakti tapi ada banyak galaxy yang ada di alam semesta. Dengan penemuan black hole dan galaxy ini membuat kita percaya bahwa alam semesta ini begitu besar dan misterius. Masih banyak pertanyaan lagi kan tentang alam semesta ?

Baca juga:  Hujan Menimbulkan Bau Yang Khas. Mengapa Bisa Begitu ? Ini Jawaban Peneliti !

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu menjawab pertanyaan itu dan siapa tahu bisa membuka wawasan banyak orang.

Source:
http://blogs.discovermagazine.com/crux/2019/04/10/event-horizon-telescope-galaxy-m87/#.XL1GPegvPIV
https://iopscience.iop.org/article/10.3847/2041-8213/ab0f43
http://hubblesite.org/news_release/news/2013-32
https://www.nytimes.com/2019/04/10/science/black-hole-picture.html

KOTAK POS