History · Literature · Society

Sejarah Globe – Bumi Tiruan Yang Kita Kenal Ini Asalnya Dari Mana Ya ?

Sejak duduk di bangku sekolah kita dikenalkan dengan peta dunia dalam bentuk miniatur. Peta dunia bulat seperti bola itu yang dikenal dengan Globe, nyatanya memiliki kisah juga lho! Kisahnya jauh sebelum kita lahir dan dimana astronomi sudah lama dipelajari yang menjadi pelajaran bagi manusia tentang alam semesta. Bagaimana kisahnya ?

Jauh Ada Pada Masa Peradaban Yunani

Ilmu Astronomi sudah lama dipelajari oleh bangsa Yunani. Di mulai dari Aristoteles yang memperhatikan bumi bulan dari bayangan bumi dari bulan saat gerhana bulan. Abad ke 5 SM para filsuf Yunani sudah memahami bahwa bumi ini dikelilingi oleh rasi bintang-bintang dan diperkirakan bahwa globe tertua bumi terletak pada pundak patung Atlas .

Namun, masalah yang terjadi pada masa itu adalah bahan yang tepat untuk pembuatan globe. Kemudian ada saran untuk menggunakan bahan-bahan kayu dari pada bahan yang mudah berkarat atau dari logam mulia untuk mempertahankan bentuknya. Hingga pada abad ke 15, Martin Behaim dari Nuremberg Jerman membuat globe yang memudahkan orang untuk memetakan letak benua-benua. Ia menggunakan kayu dan melapisinya dengan kertas agar mudah ditulis. Sayangnya globe miliknya ini masih menyisakan ‘ruang misteri’ yang pada akhirnya dijawab oleh Cristopher Colombus dan Amerigo Vespuci ‘ruang misteri’ itu pulau besar yang kita kenal Amerika ketika berlayar menjelajahi tempat yang ada di globe itu.

Sarana Pembelajaran Untuk Memahami Dunia

Sejak saat itu globe terus mengalami perkembangan, tempat-tempat baru ditandai dan diberi nama. Benda kecil dunia itu lambat-laun menjadi barang yang sangat mewah, banyak orang termasuk raja, negarawan, para astronom, geolog, hingga para pelajar di zaman abad pertengahan tertarik untuk mendapatkannya.

Globe menjadi barang yang menentukan status seseorang. Orang yang memiliki globe sudah pasti memiliki status yang lebih tinggi seperti raja, pendeta, atau kaum cendikiawan. Selain peta, globe juga menjadi sarana untuk mencari tanah jajahan baru oleh kaum bangsawan, Persebaran agama, hingga perdagangan. Salah satu pedagang dan pembuat globe yang terkenal adalah Vincent Coroneli yang hasil karyanya dibeli oleh Raja Louise XIV dan sejak saat itu ia sering menerima tawaran membuat globe.

Globe yang kita kenal sekarang sepertinya hal yang umum, tapi ternyata bola dunia itu sempat menjadi barang mewah yang tidak semua orang bisa membelinya. Masih beranggapan globe ini cuma barang kecil ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu mencari jawabannya, dan siapa tahu pertanyaan itu bisa membuka wawasan bagi orang lain.

Source:
https://www.wired.com/2014/04/globes-history-book/
https://www.britannica.com/science/globe-cartography
https://www.movaglobes.com/blog/the-history-of-globes/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s