Culture · History · Society

#TanyaKenapa Kita Meniup Lilin Saat Ulang Tahun. Ini Alasannya !

#TanyaKenapa Saat ulang tahun kita pasti menyalakan lilin yang diletakkan di atas kue tart atau black forest dan semacamnya. Lalu, setelah menyanyikan lagu ulang tahun kita mengucakan harapan dan meniup lilin. Meniup lilin seolah-olah sudah menjadi kebiasaan dan tradisi saat berulang tahun. Apa yang menyebabkan kita meniup lilin saat ulang tahun ?

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Kulit Atau Mata Ular Bisa Berwarna Biru ? Ini Penjelasannya.
#TanyaKenapa Cuaca Dingin Buat Kita Jadi Sering Buang Air. Ini Lho Temuannya!

lilin, doa, dan ulang tahun
kue ulang tahun by https://www.shutterfly.com

Kembali Ke 4000 Tahun Lalu

Menurut penelitian di bidang arkeologi perayaan ulang tahun pada awalnya bukan untuk merayakan hari kelahiran, Pada abad ke 3.000 SM perayaan ulang tahun merupakan hari di mana Raja Firaun dinobatkan menjadi dewa. Anggapan seorang raja yang ‘lahir’ kembali menjadi dewa ini kemudian digunakan oleh kaum milenial setelahnya.

Sedangkan untuk di Yunani, lilin digunakan sebagai pengantar doa untuk dewa-dewa. Asap dari lilin dipercaya bisa mengantarkan doa. Itulah mengapa untuk menghormati Arthemis dalam persembahan kepadanya, orang Yunani membuat kue bulat berbahan madu dihiasi lilin agar menyerupai sinar bulan.

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa Orang Kurang Kompeten Bisa Kepedean. Ada Yang Tahu ?
#TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

Adopsi Ke Budaya Modern

Adaptasi budaya modern untuk kue ulang tahun dan lilin semakin berkembang. Kue ulang tahun tidak hanya dikenal oleh kalangan anak-anak saja, tetapi juga orang dewasa. Penyebaran dan adopsi budaya modern kue ulang tahun, lilin dan harapan dimulai pada festival di German bernama Kiderfest pada akhir abad ke 18. Acara ini melibatkan anak-anak dengan kue yang diatasnya diberi lilin sesuai dengan jumlah usianya yang ditambah satu lilin sebagai harapan diberi satu tahun lagi.

Adaptasi itu yang terus tumbuh dan berkembang di masyarakat sampai sekarang. Bukan tanpa alasan lilin digunakan dalam setiap permohonan dalam perayaan ulang tahun atau dianggap sebagai hiasan belaka. Melainkan api yang berkobar di atas lilin atau asap yang mengantar permohonan itulah yang menjadi simbol bahwa harapan yang diucapkan akan terbang sampai ke ‘surga’. Lalu, menurut kalian bagaimana ? masih pakai lilin untuk ulang tahun ?

Terkait #TanyaKenapa :
#TanyaKenapa – Normalkah Orang Latah Itu ? Ini Gangguan Psikologis !
#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

Bagi Kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu mencari tahu jawabannya dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://medium.com/@himanksharma/why-do-we-blow-candles-on-birthdays-cf67638ae294
https://www.wonderopolis.org/wonder/why-do-we-blow-out-birthday-candles

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s