Nature · Special Edition · Supplement

Teori Einsten Terbukti Nyata, Salah Satunya Black Hole !

Trending yang sedang dibicarakan oleh banyak orang adalah foto black hole yang tertangkap oleh peneliti dan ilmuan beberapa hari yang lalu. Black hole ini yang awawlnya hanya sekedar teori dan masih dipertanyakan keberadaannya oleh para ilmuwan sudah terbukti ada. Einsten yang memberikan kemungkinan melalui teorinya tentang adanya black hole di alam semesta membuka kemungkinan adanya misteri lain yang akan diungkap di kemudian hari, Lalu apa itu black hole dan mengapa bisa tertangkap melalui foto ?

Black Hole
black hole photo by https://www.csmonitor.com

Lubang Hitam Dengan Gaya Gravitasi Terbesar

Black hole atau lubang hitam ini merupakan lubang medan magnet yang memiliki kekuatan hampir 4x gravitasi kita dan sangat kuat. Gravitasi di dalam Black hole ini sangat kuat bahkan cahaya yang merupakan partikel tercepat tidak dapat melewatinya apalagi partikel debu atau semacamnya.

Teori relatifitas mengatakan bahwa terjadinya black hole ini akibat adanya bintang mati yang meninggalkan inti massanya yang kecil dan padat. Jika inti massa dari bintang ini lebih besar dari 3x massa matahari maka ia akan menyerap gaya lain dan membentuk black hole atau lubang hitam.

Keberadaan black hole ini dapat dilihat dari bagaimana bintang-bintang atau lingkungan di dekatnya berinteraksi ketika dekat dengannya. Black hole atau lubang hitam ini akan menarik bintang-bintang yang ada di dekatnya menuju atau masuk ke dalamnya, memancarkan sinar gamma yang kuat dan memicu pertumbuhan bintang-bintang yang baru. Keberadaannya sangat mempengaruhi kondisi bintang-bintang yang ada di dekatnya.

Black Hole dan 8 Teleskop Dunia

Black hole yang terlihat pada tanggal 10 April 2019 ini dipantau oleh 8 teleskop yang tersebar di beberapa titik. Salah satu teleskop yang merupakan gabungan dari teleskop dunia bernama EHT (Event Horizon Telescope) menemukan black hole di sebuah tempat bernama Galaxy M87 yang letaknya sangat jauh. Diperkirakan jarak black hole ini 500 miliar tahun cahaya. Ukuran dari black hole ini 3x dari ukuran bumi (40 miliar km).

Cahaya yang dipancarkan oleh black hole sangat ekstrim sehingga bisa tertangkap dari bumi. Lingkaran cahaya yang terang disebabkan adanya gas super panas yang jatuh ke dalam lubang, Cahaya yang dihasilkan lebih terang dari cahaya bintang yang ada di galaksi hingga keberadaannya terdeteksi dari bumi. Lingkaran gelap pada lubang ini menunjukkan dimana daya tarik gravitasi berada sehingga benda-benda di angkasa bahkan cahaya tidak dapat melaluinya.

Pengambilan gambar yang dilakukan untuk black hole ini tidak main-main. Data yang diambil untuk black hole ini memerlukan ratusan hardisk yang dikumpulkan bersama-sama. Para peneliti ini menggunakan alogaritma untuk bisa menggabungkan data ini untuk menghasilkan gambar yang jelas.

Nyatanya keberadaan black hole yang menjadi pertanyaan banyak orang terbukti nyata. Bagaimana pun ini pencapaian besar yang patut diapresiasi. Apa kamu tertarik bergabung dengan tim peneliti ini ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan mengenai wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu menjawab pertanyaan itu dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.sciencenews.org/article/black-hole-first-picture-event-horizon-telescope
https://www.bbc.com/news/science-environment-47873592
https://edition.cnn.com/2019/04/12/world/black-hole-name-powehi-scli-intl/index.html

Satu tanggapan untuk “Teori Einsten Terbukti Nyata, Salah Satunya Black Hole !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s