Society · Supplement

Creativity Block Merasa Sering Seperti Ini. 5 Hal Ini Bisa Membantumu Keluar!

Kamu-kamu yang bekerja pada industri kreatif tidak asing dengan istilah creativity block. Sama halnya dengan writter block, disini kita merasa kurang kreatif atau kurang menghasilkan ide-ide yang out of the box. Lalu giman cara bisa keluar dari masalah ini?

Terkait :
Bagaimana Menjadi Produktif Dan Inovatif ?Ikuti Tipsnya!
Multitasking Apa Bisa Efektif? Studi Ini Membuktikan

kreatifitas
kreatifitas byhttps://medium.com


KREATIF TIDAK SELALU BERHUBUNGAN DENGAN VIRAL

Banyak orang yang menganggap bahwa menjadi kreatif itu sudah pasti menghasilkan sesuatu karya yang nantinya bisa viral entah di medsos atau karya yang lain. Nyatanya anggapan itu SALAH! Kok bisa?

Kreatifitas itu artinya kita bisa menghasilkan sesuatu yang diluar dari pemikiran kita. Tidak usah jauh-jauh orang lain dulu mulai saja dari dalam pikiran kita. Contohnya memasak menggunakan penggorengan itu biasa, tapi memasak atau menggoreng menggunakan panci juga bisa dan memang tidak umum.

Kreatifitas tidak harus selalu dihubungkan dengan sesuatu yang viral atau dicap sebagai genius. Kadang sesuatu yang viral datangnya dari hal-hal yang remeh dan kecil. Sama halnya dengan Mark Zuckerberg yang mempopulerkan facebook karena ingin menjalin komunikasi dengan mudah dengan teman-temannya. Kadang untuk menghasilkan sesuatu yang kreatif itu tidak mudah, dan sebagian dari kita pasti pernah mengalami creativity block lalu gimana mengatasinya ?

Mau Produktif ? Coba Untuk TIDAK Mengatur Waktu
Tanda Perfectionis Ini Ada Di kamu? Yuk Cek 5 Tandanya Sebelum Menyimpulkan !

5 Hal Untuk Mengatasi Creativity Block

Kita yang mengalami creativity block cara untuk keluar bisa menerapkan 5 hal berikut ini :

  1. Melakukan Hal Yang Berbeda : Untuk mendapatkan sesuatu yang berbeda kita harus keluar dari rutinitas. Kadang rutinitas membuat kita terjebak dalam pola sehingga menjadi monoton dan pada akhirnya tidak menghasilkan sesuatu yang baru
  2. Menggali Keingintahuan :Jika kita selama ini memiliki pertanyaan yang belum dijawab coba gali sesuatu dari pertanyaan itu. Ide-ide segar bisa kita dapatkan dari sesuatu yang baru ental lewat membaca, mendengar atau melihat informasi yang berhubungan dengan pencarian ide-ide kreatifitas.
  3. Refreshing : Melakukan rutinitas tanpa istirahat membuat kita rawan terhadap stress. Sama halnya dengan kreatifitas, istirahatlah sejenak dari pencarian ide atau kreatifitas yang selama ini dilakukan. Coba melakukan refreshing dengan berjalan-jalan atau sekedar berolahraga.
  4. Wujudkan Imajinasi : Ide yang sudah di dapatkan tidak akan menghasilkan sesuatu tanpa dilakukan. Jika sudah ada ide segeralah melakukannya entah menuliskan point-point besar atau ditindaklanjuti.
  5. Masuk Ke Dalam Batasan Diri : Jika kita memiliki keterbatasan tertentu coba masuk ke dalam zona tersebut. Mencari solusi atas keterbatasan akan membuat kita menemukan hal-hal baru yang mungkin tidak kita ketahui sehingga banyak memunculkan ide-ide baru dan pengalaman baru.

Masih merasa berada dalam creativity block. Kamu yang mengalaminya, apa memiliki cara tersendiri ? Yuk sharing disini!

Terkait :
Berjalan Kaki Ternyata Juga Dilakukan Oleh Para Pemikir Besar. Hmm, Masih Enggan Jalan Kaki?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu mencari tahu jawabannya dan siapa tahu dari pertanyaan itu akan membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://curiosity.com/topics/5-sure-fire-ways-to-make-creativity-happen-curiosity/
https://www.inc.com/kevin-daum/5-ways-to-be-more-creative.html
https://www.lifehack.org/articles/productivity/5-ways-you-can-more-creative.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s