History

Manusia Neanderthal, Manusia Purba Yang Ada Di Eurasia. Apa Kita Turunannya ?

Membicarakan perkembangan dan perjalanan kelahiran manusia memang menjadi topik misteri. Semua peneliti dan ilmuan mencari tahu bagaimana asal-usul kehadiran umat manusia di bumi dan apakah teori bahwa kita sebangsa dengan orang hutan, sipanse itu memang benar adanya ? Sebuah temuan menyatakan ada manusia lain bernama Neanderthal yang hidup di benua Eurasia. Apa itu ?

Image result for neanderthals
Neanderthal Manusia Purba by https://www.npr.org

Penemuan Pertama Manusia Neanderthal

Temuan manusia Neanderthal ini pertama kali dilakukan pada tahun 1856 di Gua lembah Neander dekat Dusseldorf Jerman. Fosilnya manusia ini ditemukan oleh para penambang kapur saat bekerja. Strutur fosilnya memiliki kerangka wajah yang kuat dan punggung alis yang melengkung besar serta bentuk tubuh yang condong ke depan dengan sendi-sendi yang kuat.

Para peneliti berspekulasi manusia ini berasal dari Afrika yang kemudian memisahkan diri dari kumpulannya menuju ke Eropa dan Asia Barat. Kemudian disana membentuk koloni mereka mengklasifikasikan diri menjadi manusia Neanderthal. Diperkirakan usia manusia ini 500.000-600.000 tahun. Benar-benar tua bukan ?

Misteri manusia ini adalah bagaimana mereka bisa menghilang 30.000 tahun lalu ? Banyak spekulasi beranggapan bahwa mereka yang bermigrasi ini bersaing dengan manusia lain yang menghuni wilayah Eropa dan Asia barat. Ada juga yang beranggapan bahwa cuaca ekstrim dan perubahan suhu membuat mereka tidak mampu bertahan dan akhirnya mati.

Temuan DNA Mengejutkan Bahwa Manusia Sekarang Membawa Gen Manusia Purba!

Penggalian asal usul manusia masih dilakukan oleh para ahli yang masih saling berasumsi dari mana kita berasal. Para peneliti bahkan melakukan tes DNA untuk menemukan misteri dibalik asal usul umat manusia ini. Salah satu yang mengejutkan adalah bahwa dalam gen yang dibawa oleh manusia modern ada sedikit turunan gen yang berasal dari manusia Neanderland.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford itu mengatakan bahwa secara tidak langsung manusia modern membawa gen kekebalan tubuh yang berfungsi untuk mengenali dan menghancurkan patogen berbahaya. Gen ini merupakan gen kelas I HLA yang kurang lebih 4% dalam tubuh manusia. Dari temuan ini memunculkan teori-teori bagaimana persilangan ini terjadi hingga hasilnya seperti sekarang dan teori-teori kelangsungan hidup para manusia purba.

Bagaimana kelanjutan dari kisah peradaban manusia ini? Simak terus di dindapranata.com ya!

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu mencari jawabannya dan siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.theatlantic.com/technology/archive/2011/09/it-wasnt-just-neanderthals-ancient-humans-had-sex-other-hominids/338117/
https://www.theguardian.com/science/blog/2011/aug/25/neanderthal-denisovan-genes-human-immunity
https://genographic.nationalgeographic.com/neanderthal/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s