History

Daniel McFarlan Moore Inspirator Lampu Neon Saat Ini. Lalu Thomas Edison ?

Jika kita selama ini mengenal Thomas Alva Edison sebagai penemu bola lampu namun nyatanya ada penemu lain yang menemukan lampu. Nah siapa dia? Namanya tidak sepopuler Thomas Alva Edison, namun temuan yang ditemukannya juga dipakai oleh kita, Ya, Daniel McFarlan Moore. Moore mengembangkan teknologi lampu yang dibuat oleh Edison dan membuatnya lebih fleksibel dan nyalanya lebih terang.

Penemu Bolham Daniel McFarlan Moore
Daniel McFarlan Moore by http://edisontechcenter.org

Moore Adalah Karyawan Perusahaan Edison

Moore lahir di Northumberland, Pennysilvania Amerika di tahun 1869 dari ayah bernama
Reverend Alexander Davis dan ibu bernama Maria Louisa Douglas Moore. Ia sempat mengenyam pendidikan di universitas Lehigh di tahun 1889. Ia memiliki 3 orang anak antara lain Dorothy Mae Moore, Elliott McFarlan Moore dan Beatrice Jean Moore.

Pada tahun 1890 ia mulai bekerja di perusahaan milik Edison di departemen elektro. Ia kemudian tertarik pada Arc Discharge Lamp yang saat itu masih dalam tahap awal menggunakan fosfor hijau. Departemen elektro dari perusahaan ini terispirasi dari Heinrich Geissler yang mengembangkan Geissler Tube. Tidak hanya Edison yang mengembangkannya tetapi juga Nikola Tesla yang juga berlomba menyempurnakan inovasi ini.

Moore yang saat itu memiliki ide untuk mengganti lampu pijar dengan lampu dengan teknik penyegelan gelas yang lebih maju membuat Edison tidak setuju dengan idenya tersebut. Edison merasa tidak ingin melakukan inovasi selain lampu pijar yang bisa mengalahkan dominasi lampu pijar itu sendiri. Tak lama kemudian Moore keluar dan memulai usahanya sendiri di bidang elektro.

Inspirator Lampu Neon !

Penemuan Moore Tube terjadi pada tahun 1896 dimana ia mengembangkan tabung yang mirip dengan lampu neon di masa sekarang, cuma bedanya tabung itu lebih panjang dari sekarang. Temuannya itu ia berhasil membuat lampu dengan tekanan tinggi dari karbondioksida dan nitrogen. Ia menggunakan teknik dimana ketika tabung itu dibuka sejumlah udara keluar dan sebagian kecil karbondioksida dan nitrogen masuk mengisi tabung tersebut. Sedangkan arus listrik masuk melalui komponen yang dipasang pada tabung tersebut.

Dari percobaan itu, nyatanya hasil yang didapat lampo milik Moore lebih terang berwarna putih dan lebih baik dibanding dengan lampu milik Edison sendiri. Lampu milik Moore berhasil terjual dan terinstasi di banyak tempat. Namun, sayangnya lampu Moore tube ini termasuk sulit dipasang karena membutuhkan komponen dan ruang yang besar, serta tabungnya mudah bocor. Lambat laun Moore tube ini menginspirasi lahirnya lampu neon yang kita kenal sekarang.

Ternyata pengembangan lampu dari Thomas Alva Edison itu tidak berhenti, nyatanya inovasi itu masih banyak dipakai kan saat ini. Apa kamu mau berinovasi seperti mereka ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Kami akan membantu menjawab pertanyaan kalian dan siapa tahu pertanyaan itu bisa membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://curiosity.com/topics/daniel-mcfarlan-moore-is-the-lightbulb-inventor-you-never-knew-about-curiosity/
https://www.geni.com/people/Daniel-Moore/5685410413000076714

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s