Nature · Supplement

Fiordland New Zealand, Taman Nasional Yang Terbesar Di Dunia.

Siapa yang tidak kenal dengan negara New Zealand yang memiliki banyak tempat-tempat indah yang menjadi tujuan wisata. Tidak hanya itu, keindahannya ini menjadi sangat terkenal karena sempat dijadikan lokasi syuting film The Lord of The Ring dan juga The Hobbit. Salah satu lokasi di New Zealand yang indah dan mendunia yaitu Fiordland, sebuah pulau yang dijadikan sebagai taman nasional dan konservasi alam. Apa saja keindahannya ?

Taman Nasional Fiordland New Zealand
Taman Nasional Fiordland by https://www.doc.govt.nz


Taman Nasional Terluas Di Dunia

Taman nasional ini terletak di bagian selatan New Zealand yang memiliki luas kurang lebih 12.000Km2 yang membuatnya menjadi taman nasional terluas di dunia tahun 1990. Taman nasional ini dibentuk tahun 1904 dan baru diresmikan menjadi taman nasional tahun 1952. Taman nasional ini memiliki keragaman flora dan fauna yang beragam hingga jenis-jenis yang merupakan endemik dari wilayah ini.

Taman nasioal Fiordland ini menyimpan hampir semua destinasi wisata alam seperti pegunungan, danau, hutan, sungai hingga laut disekelilingnya. Taman nasional ini pada musim dingin hampir tertutup oleh glasier dari pegunungan disekitarnya. Di sebelah utara taman ini berbatasan dengan pegunungan Darren dengan puncak tertinggi lebih dari 2.500m. Sebelah barat taman nasional berbatasan dengan danau-danau salah satunya Danau Hauroko yang menjadi danau terdalam di New Zealand.

Selain pegunungan dan danau, taman nasional ini juga di kelilingi oleh air terjun yang tinggi menjulang. Salah satu air terjun yang menjadi batas di sebelah barat daya yaitu Shuterland Falls yang juga merupakan air terjun tertinggi di New Zealand.

Endemik Unik Di Taman Nasional

Tidak hanya luas dan memiliki keindahan alam yang uar biasa. Nyatanya taman nasional ini menyimpan keanekaragaman flora dan fauna. Salah satu fauna yang menjadi endemik taman nasional ini yaitu Kakapo dan Takahe keduanya sejenis burung nuri). Burung ini memiliki sayap namun jenisnya memang tidak bisa terbang. Selain itu juga terdapat rusa merah dan dibagian pantai terdapat lumba-lumba, anjing laut dan pinguin.

Image result for Kakapo
Hewan Kakapo by http://terranature.org

Untuk varietas tanamannya juga beraneka ragam dan paling banyak berupa pohon. Di sebagian hutan di taman nasional ini kaya akan tanah gambut dan lumut dimana batu-batu besar banyak yang tertutupi oleh lapisan lumut tipis. Selain itu hidup tanaman paku-pakuan, pakis. Taman nasional fiordland juga mendukung pertumbuhan pohon karang hitam terbesar di dunia yang dihidup di perairan. Tumbuhan ini ada sekitar 7 juta koloni yang mana ada yang berusia 200 tahun lebih. Tumbuhan ini menjadi sarang atau habitat brachiopoda (hewan sejenis kerang)

Image result for Black Coral Tree
Pohon Koral Hitam by https://www.shutterstock.com

Sudah tahu keindahan tempat ini, sudah siap berpetualang di tempat ini ? Ingat untuk menabung dulu ya!

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu menjawab pertanyaannya dan siapa tahu pertanyaan kalian bisa membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.nytimes.com/2010/08/01/travel/01Explorer.htm
https://www.doc.govt.nz/parks-and-recreation/places-to-go/fiordland/places/fiordland-national-park/
https://www.fiordland.org.nz/about-fiordland/fiordland-national-park/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s