Nature · Society · Supplement

#TanyaKenapa Cuaca Dingin Buat Kita Jadi Sering Buang Air. Ini Lho Temuannya!

Banyak dari kita yang sering buang air kecil alias kencing saat berada di ruangan berAC yang dingin, atau saat berada dalam cuaca dingin. Itu bukan hal serius kok, wajar dan normal hal itu terjadi. Lalu apa sih penyebab kondisi itu ? Apa sama dengan saat kita mengalami jantung berdebar dan kupu-kupu dalam perut saat kita gugup.

Kencing lebih sering saat dingin
Kencing lebih sering saat dingin by http://diabetesatwork.org

Tubuh Memiliki Pengatur Alami

Saat dingin, tubuh akan menyempitkan pembuluh darah di kulit dengan istilah vasokonstriksi. Hal ini membuat tubuh menjadi kehilangan panas dan menjaganya dalam tubuh agar tetap hangat di saat cuaca dingin. Penyempitan yang terjadi di dalam tubuh membuat ruang gerak darah menjadi terbatas sehingga meningkatkan tekanan darah di seluruh tubuh.

Tubuh manusia memiliki sistem pengatur suhu yang alami. Pada saat dingin secara alami ia akan melakukan proses penghangatan tubuh melalui vasokonstriksi, dan pada saat panas tubuh akan melakukan proses pendinginan alami dalam tubuh. Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak faktor bisa usia, berat badan, makanan, komposisi tubuh, hingga diet yang dilakukan.

Kencing = Jam Biologis Saat Dingin

Sebenarnya dalam kondisi dingin, tubuh menyempitkan pembuluh darah ke kulit untuk mencegah tubuh mengeluarkan panas ke luar. Kondisi itu membuat kita tetap hangat di dalam dan keringat tidak keluar. Proses penyempitan tadi membuat tekanan darah menjadi tinggi dan membuat ginjal mengeluarkan cairan berlebih dalam darah melalui kencing.

Dalam lingkungan yang dingin itu, kencing membuat suhu tubuh menjadi hangat dan menetralkan tekanan darah. Selain itu untuk menghindari kencing yang terus menerus di cuaca dan kondisi dingin adalah dengan aktif bergerak sehingga tubuh hangat. Normal saja kenapa orang dalam kondisi dingin frekuensinya jadi lebih sering.

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu mencari jawabannya, siapa tahu pertanyaan kalian membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.refinery29.com/en-us/why-do-i-urinate-more-in-cold-weather
https://www.outsideonline.com/1784041/why-do-cold-temperatures-make-me-pee
https://www.thenakedscientists.com/articles/questions/why-do-i-urinate-more-often-cold-weather

2 tanggapan untuk “#TanyaKenapa Cuaca Dingin Buat Kita Jadi Sering Buang Air. Ini Lho Temuannya!

Komentar ditutup.