Society

#TanyaKenapa Orang Kurang Kompeten Bisa Kepedean. Ada Yang Tahu ?

Tak jarang kita mengenal orang yang nyatanya kurang bisa pada suatu bidang mengaku dia pro dibidang tersebut. Kadang kita mengenal orang tersebut dengan istilah kerennya Kepedean. Tapi nyatanya dalam sebuah penelitian hal itu banyak terjadi di sekitar kita. Ada asumsi yang mengatakan hal itu karena gengsi, malu dianggap tidak kompeten dan lainnya. Lalu apa sih yang menyebabkan kondisi itu dalam bidang psikologis?

Terkait #tanyakenapa:
#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.
#TanyaKenapa – Normalkah Orang Latah Itu ? Ini Gangguan Psikologis !

Efek Dunning Kruger
Efek Dunning Kruger by https://catalogofbias.org


Efek Dunning-Kruger

istilah sok itu dalam dunia science disebut efek David Dunning. Seorang psikolog bernama Dunning Kruger menyadari fenomena ini dimana ia mempelajari bagaimana seseorang memahami cara berfikir mereka sendiri yang disebut metacognition. Ia bersama dengan mahasiswa bernama Justin Kruger menerbitkan makalah dalam jurnal psikologi di tahun 1999 dengan judul Unskilled and Unaware of It: How Difficulties In Recognizing One’s Own Incompetence Lead to Inflated Self-Assessments.

Dalam penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa orang yang tidak kompeten merasa yakin bahwa mereka akan memperoleh nilai yang tinggi pada test yang dilakukan. Berkebalikan dengan orang-orang yang merasa dirinya tidak kompeten justru mendapatkan nilai yang lebih tinggi dalam test tersebut. Orang yang tidak kompeten jarang mengetahui bahwa diri mereka tidak bisa dalam suatu bidang karena hal ini akan membuat mereka merasa bodoh di segala bidang.

Terkait #tanyakenapa:
#TanyaKenapa-Air Panas Cepat Membeku Dibanding Air Dingin. Apa Benar?

Penyebab Kepedean

Efek Dunning Kruger ini bukanlah cacat atau sebuah penyakit mental. Kondisi ini murni dari dalam diri seseorang yang kurang mampu melihat dirinya sendiri. Ada beberapa penyebab dari munculnya kondisi ini.

  1. Kurang mengenal kekurangan dan kesalahan pribadi : Hal ini membuat seseorang yang tidak mengenal kekurangan mereka memiliki kinerja yang tidak baik dan kesalahan yang terjadi atas ketidakmampuannya itu tidak dikenali olehnya sehingga memperburuk keputusan yang diambil.
  2. Kurangnya pemahaman tentang sikap dan prilaku diri sendiri : Kekurangan seseorang dalam mengevaluasi diri sendiri dari sudut pandang orang lain. Kecederungan yang kita lakukan adalah mengevaluasi diri sendiri hanya dari sudut pandang kita saja yang kadang kala bersifat subyektif.
  3. Sedikit ilmu membuat mereka terlalu percaya diri : Faktor ini sangat banyak ditemukan pada orang-orang. Dengan sedikit pengetahuan yang mereka miliki, mereka sudah menganggap bahwa mereka mengetahui segala hal dari sesuatu itu.

Solusi yang diberikan oleh peneliti adalah menganggap ketidakmampuan itu lebih manusiawi dan mengakuinya dengan baik. Agar diri kita bisa mengenal kemampuan sejati yang dimiliki dan hidup bisa berjalan lebih baik sesuai kompetensi sejatinya. Bagaimana denganmu ? apa kamu kenal dengan kompetensi diri sendiri ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan dalam kolom komentar. Tim akan membantu menjawab pertanyaan itu. Siapa tahu pertanyaan kalian bisa membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.verywellmind.com/an-overview-of-the-dunning-kruger-effect-4160740
https://www.forbes.com/sites/markmurphy/2017/01/24/the-dunning-kruger-effect-shows-why-some-people-think-theyre-great-even-when-their-work-is-terrible/#249a1b305d7c
https://www.washingtonpost.com/science/2019/01/07/whats-behind-confidence-incompetent-this-suddenly-popular-psychological-phenomenon/

Satu tanggapan untuk “#TanyaKenapa Orang Kurang Kompeten Bisa Kepedean. Ada Yang Tahu ?

Komentar ditutup.