Society · Supplement

5 Tahapan Patah Hati Sampai Penerimaan. Apa Kamu Mengalaminya ?

Kalau membicarakan cinta pasti tidak akan lepas dari namanya patah hati. Tapi tahukah kalian bahwa patah hati sendiri memiliki cara sendiri sampai ia sembuh. Tahapan itu sebenarnya terjadi tanpa kita ketahui, tetapi peneliti menyadari hal itu sebagai suatu proses penyembuhan. Lalu bagaimana tahapan itu ?

5 tahapan patah hati
Patah hati dan tahapannya by http://www.lifehack.com

Tahapan Tersebut Seperti Anak Tangga

Menurut Elisabeth Kübler-Ross seorang psikiatri asal Swiss dalam bukunya berjudul Death and Dying tahun 1969 menyatakan bahwa proses penyembuhan dari orang yang mengalami kekecewaan dan kehilangan memiliki tahapan yang perlu dilalui. Hal ini terisprirasi dari orang-orang yang mengalami sakit parah dan diasosiasikan dengan orang-orang yang mengalami kekecewaan pada umumnya. Tahapan itu antara lain :

  1. Denial (Penolakan) : Hal pertama yang terjadi pada seseorang yang mengalami patah hati atau kekecewaan adalah penolakan atas kenyataan yang menimpanya. Ia akan merasa hal ini tidaklah adil baginya dan menolak hal ini harus terjadi. Solusi yang bisa diberikan : Carilah seseorang yang bisa menyadarkan ini kenyataan yang harus dihadapi, ingatkan dirimu bahwa hal ini bisa berubah setiap hari, buatlah jurnal, atau biarkan dirimu menangis sebagai pelampiasan perasaan.
  2. Anger (Kemarahan) : Seiring berjalannya waktu kamu akan merasa marah dan akan menyalahkan seseorang yang menyebabkan patah hati mu. Hal ini terjadi karena antara kenyataan dan rasa sakit menjadi begitu blur dan tidak jelas sehingga emosimu menjadi tidak stabil.  Solusi yang bisa diberikan : Sadarkan dirimu bahwa kalian berdua bertanggung jawab patah hati ini, memaafkan diri sendiri karena memang tidak ada seseorang yang sempurna, menyadari bahwa mungkin bukan kamu saja yang kecewa, berolahragalah.
  3. Tawar Menawar Perasaan : Kondisi emosi yang tidak stabil membuat orang yang patah hati akan menawar perasaannya dan mencoba menghubungi kembali mantannya untuk mengajak balikan. Jika tidak berbalikkan ia mencoba membayangkan untuk mengajak balikan mantannya itu. Terkadang setelah tersadar dan apa yang ia inginkan tidak sesuai, mereka akan kembali kecewa. Solusi yang diberikan : Menghindari kontak langsung dengan mantan, menghindari media sosial sebagai cara untuk menenangkan diri, sadarkan diri bahwa kalian tidak bisa bersama kembali, dan coba berfikir bahwa kamu lebih mandiri tanpanya.
  4. Depresi : Setelah melalui proses keempat orang yang patah hati akan merasakan putus asa dan kelelahan atas kejadian patah hatinya itu. Orang-orang yang merasakan ini akan menyendiri dan merasakan kelelahan sepanjang hari. Jika tidak ditangani bisa berbahaya bagi kesehatan mental dan fisik. Solusi yang diberikan : Kelilingi diri dengan orang yang berfikir positif, bercerita pada orang dipercaya, menghirup udara segar, atau mengambil cuti sejenak dari pekerjaan untuk menenangkan diri.
  5. Aceptance (Penerimaan): Setelah melewati proses nomor empat, orang yang patah hati akan mulai menerima kondisinya. Mereka mulai menerima kondisinya dan bisa meongontrol emosi negatifnya. Walau orang patah hari masih bisa merasakan kecewa, namun hal-hal itu tidak akan mempengaruhi emosi mereka kembali. Mereka menemukan titik terang dalam diri mereka dan berdamai dengan rasa sakitnya. Solusi yang diberikan ketika memori lama mengundang emosi negatif : jauhkan jangkauan benda-benda yang memicu kembalinya kenangan lama, kembali berhubungan dengan mantan sebagai teman ketika benar-benar siap, mengambil sisi positif dari patah hati dan merelakan kepergian.

Menyembuhkan patah hati memang tidak mudah, tapi lebih baik daripada terjebak pada hubungan yang salah. Kalian yang patah hati sudah move on belum ?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu menjawab pertanyaan kalian. Siapa tahu pertanyaan itu bisa membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.psychologytoday.com/ca/blog/inside-out/201309/the-5-stages-grieving-the-end-relationship
https://www.lifehack.org/565978/sheba-how-let-past-relationship
https://www.atlfmonline.com/more/lifestyle/650-to-let-go-of-a-past-relationship-you-need-to-go-through-these-5-stages.html