Society · Supplement

Bagaimana Menjadi Produktif Dan Inovatif ?Ikuti Tipsnya!

Siapa yang tidak ingin menjadi inovatif dan produktif di tempat kerja atau di rumah atau saat melakukan sesuatu ? Semua pasti ingin menjadi produktif dan inovatif kan. Namun, terkadang inovasi atau produktifitas tidak selalu sama di setiap harinya. Kadang kala kita menjadi tidak produktif dan tidak bisa menciptakan ide-ide inovatif yang segar. Lalu bagaimana agar kita tetap bisa menjadi inovatif dan produktif di saat seperti itu ?

Terkait Produktifitas :
Metode Produktifitas Ivy Lee – Metode Berusia 100 Tahun Lebih!
Mau Produktif ? Coba Untuk TIDAK Mengatur Waktu

Hasil gambar untuk How to Be Innovative and Creative at Work
Menjadi Kreatif dan Inovatif by https://ceoworld.biz

Inovatif Bukan Hal Yang Mudah Tanpa Tindakan

Inovasi hanya akan menjadi khayalan tak berarti jika tidak ada yang menjalankan atau produktif melakukan inovasi itu. Elon Musk tidak akan menciptakan inovasi membangun koloni ke Mars tanpa mencoba menjalankan idenya itu. Ia berani berfikir ‘gila’ dan di luar kotak pemikiran orang kebanyakan. Dengan berani menjalankan inovasinya hanya ada 2 kemungkinan yaitu BERHASIL atau BELUM BERHASIL.

Inovasi yang ada dalam pemikiran tanpa tindakan nyata akan terlihat mustahil. Jika dicoba kita akan tahu apakah benar-benar mustahil diwujudkan atau bisa diwujudkan. Hal yang perlu diingat HARGA untuk sebuah inovasi tidak hanya dilakukan sekali saja lalu jika tidak berhasil lantas berhenti. Bisa dibayangkan bagaimana Bill Gates harus ditolak banyak perusahaan saat menawarkan produknya dan ia tidak berhenti karena ditolak satu, dua, atau berkali-kali. Mental akan ditempa dan diuji sebelum inovasi itu layak untuk DIAKUI.

Terkait Produktifitas :
Prinsip Pareto ? Ini Banyak Dipakai Di Perusahaan Sekelas Google.

Filosofi Sisu Bagi Orang Finlandia Ini Untuk Hidup Yang Lebih Baik. Yuk Intip Maknanya !

5 Hal Yang Perlu Di Lakukan Untuk Tetap Produktif Dan Inovatif

Menjadikanmu produktif tidak hanya tergantung pada mood dan kondisi hati saja. Produktif adalah konsistensi dalam mencapai tujuan dari Inovasimu. Jika keduanya memiliki kekuatan seimbang menjadikan diri kita produktif sekaligus inovatif hanya masalah waktu saja. Berikut tips yang bisa dilakukan agar tetap produktif dan inovatif :

  1. Pergi keluar dan berjalan-jalanlah : Segarkan pikiran kita yang sedang tidak karuan dengan mencari udara segar. Selain baik untuk kesehatan mental, berjalan-jalan keluar juga bagus untuk mata, badan termasuk otakmu agar tetap dalam keadaan ‘waras’. ketika kamu kembali pikiranmu bisa fokus memikirkan solusi-solusi inovatif.
  2. Kurangi Penggunaan Smartphone : Sesekali biarkan pikiranmu bebas dari email kantor, masalah pribadi, atau beban lain. Ajak imajinasimu dan pikiranmu menjelajahi dunia baru dengan berbagai pertanyaan yang mungkin selama ini ada di dalam dirimu tanpa kamu sadari. Biarkan dirimu melakukan hal-hal kreatif dibanding dengan berlama-lama menatap layar smartphone.
  3. Berani Berfikir Beda : Berfikir beda bukan berarti kamu tidak normal. Kamu normal kok, hanya saja perspektifmu dalam menilai sesuatu berbeda dengan kebanyakan orang. Seorang inovator berani berfikir beda karena mereka tahu siapa lagi yang bisa mewujudkan ide-ide mereka selain mereka sendiri.
  4. Cari lingkungan yang supportif : Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang supportif dan positif. Lingkungan positif dan supportif akan membuatmu lebih bersemangat dan membentuk mindsetmu untuk terus berada dalam jalur tujuanmu. Dengan lingkungan yang seperti itu kamu lebih percaya diri dalam mengembangkan ide inovatifmu.
  5. Bisa menerima feedback negatif dengan wajar : Inovasi yang kamu ciptakan tidak akan selalu memunculkan feedback positif terkadang ada kerikil berupa feedback negatif. Itu bagus, tanggapi dengan wajar dan ambil sisi positifnya untuk meningkatkan kualitas produk inovasimu. Feedback yang ditanggapi dengan wajar tidak akan menurunkan produktifitasmu di tempat kerja.

Terkait Produktifitas :
Masih Galau Karena Kantor Tidak Kondusif ! Mau Menggunakan Boneka Voodoo ?
Produktif Itu Perlu ! Jika Kamu Perlu Energi Produktif, Coba Metode Fika Dari Swedia.

Masih loyo, tidak bersemangat dan tidak produktif karena tidak menghasilkan ide inovatif ?Yuk coba tips di atas !

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu menjawab pertanyaan itu. Siapa tahu pertanyaan dari kalian bisa membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://ceoworld.biz/2018/10/23/how-to-be-more-innovative-and-creative-at-work/
https://www.forbes.com/sites/samanthaharrington/2016/10/18/how-to-be-more-creative-at-work-and-make-your-boss-happy/#39d510f35d30
https://www.themuse.com/advice/5-ways-successful-people-become-more-innovative-every-day

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s