Society · Special Edition

Hari Konsumen Sedunia – Konten Cerdas, Pengguna Cerdas Lewat #BetterDigitalWorld

Setiap tanggal 15 Maret di setiap tahunnya diperingati sebagai Hari konsumen sedunia. Berawal dari sekelompok organisasi yang mengangkat isu-isu krusial yang menyangkut hak-hak konsumen. Ditahun 1962 Presiden Amerika John F.Kennedy memberikan surat khusus kepada kongres Amerika untuk memperhatikan tentang isu-isu hak konsumen. Hal ini lah yang menyebabkan Presiden Kennedy menjadi presiden Amerika pertama yang menyuarakan suara konsumen di atas kepentingan kaum industrialis yang merugikan. Di tahun 1983 yang merupakan tahun pertama pergerakan ini menyuarakan isu-isu untuk dilakukan perbaikan tentang produk-produk yang dijual kepada konsumen. Lalu apa hubungan dengan tema ini ?

Hasil gambar untuk consumer right day history
Hari Konsumen Sedunia by http://www.buckiegotit.com

Konsumen Digital Dan Konten Bohong

Berdasarkan pada data yang tim editor dindapranata.com yang diperoleh tentang kosumen digital Indonesia bahwa pengguna internet di Indonesia berjumlah 143.3 Juta di Januari 2019. Selain itu berdasarkan pada data report tersebut di temukan situs yang banyak mereka cari adalah konten-konten di google sebanyak 1,028,900,000 orang, Facebook 605,200,000 orang dan youtube sebanyak 504,400 orang per Januari 2019. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu untuk berselancar selama 8 jam 3 menit per Januari 2019.

Berdasarkan data di atas banyak orang-orang Indonesia merupakan pengguna media sosial yang aktif dan tak jarang sering mengikuti update dari dunia maya. Mereka yang sering berselancar di dunia maya pasti tidak sedikit yang percaya dengan konten-konten bohong atau hoax yang bertebaran dimana-mana baik itu koten di media sosial, google atau situs-situs yang tidak jelas informasinya. Berdasarkan informasi dari kompas.com di tahun 2018 angka konten hoax yang menyebar kurang lebih mencapai 60%. Kemudian, di akhir tahun 2018 ada paling tidak 62 situs penyebar hoax terkait pemilu 2019 dan selama januari 2019 ada 70 berita hoax yang menyebar di Internet.

#BetterDigitalWork Agar Menjadi Pengguna Dan Penyedia Informasi Cerdas

Dari data report yang diperoleh banyak dari masyarakat Indonesia adalah pengguna aktif media sosial dan dunia internet, berbanding terbalik dengan kemampuan mereka dalam menerima informasi dan pengetahuan mereka mengenai apakah informasi itu hoax/bohong ataukah benar. Banyaknya konten-konten tertentu yang menayangkan informasi tidak benar membuat pengguna sebagai konsumen gagal menerima haknya dalam menerima informasi yang obyektif dan faktual.

Dalam #BetterDigitalWork kali ini untuk memperingati hari hak konsumen pengguna digital dan penyedia jasa informasi digital mengajak para pembaca dan juga penyedia informasi untuk memberikan data/informasi sesuai dengan fakta dan obyektifitas. Membantu para konsumen digital mendapatkan hak informasi yang benar serta keamanan dalam berselancar di dunia maya sebagai media informasi masa kini. Pengguna diharapkan untuk menelusuri kembali atau melakukan crosscheck apakah informasi itu benar atau tidak di situs terpecaya.

Bagaimana menurut kalian sebagai konsumen informasi di internet dan penyedia informasi di internet ?

Bagi kalian yang memiliki informasi atau pertanyaan mengenai wawasan dunia, bisa ditulis di kolom komentar. Siapa tahu informasi dan pertanyaan dari kalian bisa menambah wawasan bagi orang lain.

Source:
https://yourstory.com/2017/03/world-consumer-rights-day
https://www.daysoftheyear.com/days/world-consumer-rights-day
https://www.consumersinternational.org/media/239677/campaign-outline-2019-public.pdf
https://news.detik.com/berita/d-4368351/62-hoax-pemilu-2019-teridentifikasi-kominfo-ini-daftarnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s