Nature

Eksotisme Danau Tertua Dan Terdalam Di Dunia-Danau Baikal, Siberia!

Mungkin banyak yang tahu tentang Danau Baikal dan ada juga yang belum familiar dengan nama Danau Baikal. Tapi, tahukah kalian bahwa Danau ini dikenal sebagai danau tertua dan terdalam di Dunia. Danau ini terletak di wilayah Siberia yang mengalir dekat dengan batas negara Rusia dan Mongolia. Bagaimana keindahan dan ekosistem alamnya ?

Gambar terkait
Danau Baikal by https://www.timeturk.com

Penobatan Sebagai Danau Tertua

Peneliti mempekirakan usia Danau Baikal kurang lebih 20-25 juta tahun di masa Mesozoic. Pada masa dulu danau ini merupakan lautan yang memisahkan dataran benua Amerika Utara, Eropa dan Afrika . Danau yang memiliki luas kurang lebih 31.500 Km2 ini dinobatkan sebagai Danau tertua dengan variasi keanekaragaman hayati terbesar menurut UNESCO tahun 1996.

Danau ini terbentuk akibat pergerakan di kerak bumi yang menciptakan gunung dan danau itu sendiri. Diperkirakan danau ini merupakan sungai yang permukaannya semakin lebar akibat pergeseran dan pergerakan kerak bumi. Sebagian cekungan danau juga berkembang dalam waktu yang berbeda selama periode tersier. Sedangkan permukaan air pada masa itu semakin naik akibat Gletser yang mencair.

Selain dinobatkan sebagai danau tertua, Danau Baikal juga dinobatkan sebagai danau terdalam di dunia. Danau ini memiliki kedalaman 1.637m dan pada saat es membeku bagian permukaan danau Baikal menjadi es setebal 6,100 m. Selain itu berdasarkan volumenya danau ini menjadi danau dengan kandungan air termurni dimana terkandung 1/5 dari kandungan air murni yang ada di bumi atau kurang lebih 23.000 km3 dan memiliki kadar oksigen air yang besar.

Keindahan dalam danau bisa dilihat ketika musim panas, saat es di permukaannya mencair. Para pengunjung bisa melihat plankton-plakton yang mengambang di kedalaman 13m. Karena kejelasan dan kebersihan dari danau ini serta kemurnian tingkat air membuatnya dijuluki danau terbening.

Ekosistem Danau Baikal Yang Memikat

Danau yang terletak di Wilayah federasi Rusia ini menyimpan keaneka ragaman ekosistem di wilayahnya. Ada kurang lebih 3.700 Spesies di wilayah Danau Baikal ini merupakan hewan Endemik yang hampir tidak ditemukan di tempat dan wilayah lain. Selain itu terdapat 50 jenis ikan, 170 jenis hewan moluska, 700 jenis antropoda, dan 100 jenis cacing pipih, serta masih banyak hewan darat lainnya seperti rusa, beruang, babi hutan, sable rusa Siberia.

Di danau ini juga hidup salah satu makanan Anjing laut air tawar nerpa(anjing laut yang merupakan endemik khusus wilayah ini) bernama ikan golomyanka. Ikan ini kaya akan minyak di seluruh tubuhnya dan minyaknya mengandung senyawa yang bisa menyembuhkan luka, dan obat rematik. Penduduk sekitar sana menggunakan minyaknya untuk penerang di rumahnya. Sayangnya hewan ini tidak dapat hidup dipermukaan karena peka terhadap matahari. Bila terkena matahari ia akan meleleh dan hanya menyisakan tulang dan lemaknya saja.

Sedangkan untuk tanaman, wilayah ini kaya akan pinus, cemara, dan kayu manis. Bahkan dibeberapa lokasi banyak terdapat pohon-pohon besar dan tinggi yang hidup 800 tahun. Salah satu pohon endemiknya yaitu pohon pinus Angara. Pinus ini merupakan pinus terbaik di dunia karena sifatnya yang tahan lama dan mudah di olah. Ketahanannya mampu menahan beban hingga 540Kg/m3-nya. Pohon pinus ini bisa hidup 150-200 tahun dengan tinggi tegak 30-40m.

Keindahannya membuat wilayah ini sering dikunjungi wisatawan sebanyak 500.000 orang/tahun. Bagaimana ingin pergi mengunjunginya ? Siapkan tabunganmu ya!

Bagi kalian yang memiliki pertayaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu mencari jawabannya. Siapa tahu pertanyaan kalian membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.britannica.com/place/Lake-Baikal
https://www.livescience.com/57653-lake-baikal-facts.html
https://www.cntraveler.com/stories/2013-08-26/lake-baikal-russia-maphead-ken-jennings

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s