Culture · History · Society

#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

#TanyaKenapa hari ini membahas tentang kenapa sih kok teh dan kopi itu dijadikan minuman di pagi hari. Banyak dari kita suka minum teh atau kopi di pagi hari sebagai teman sarapan roti. Tidak hanya itu pola minum seperti ini seperti sebuah kebiasaan yang mendarah daging. Ibarat kata kalau tidak meminum… tidak afdol. Sebenarnya apa sih alasan teh dan kopi jadi minuman pagi hari ?

Latar Sejarah Salah Satu Alasan

Teh dan Kopi merupakan salah satu bentuk budaya yang dikirimkan oleh sejarah di belaha dunia. Di dunia sempat mengalami tren dimana pagi hari orang meminum kopi atau teh. Ribuan tahun yang lalu tanaman kopi ditemukan di wilayah Ethiopia dimana ditanam oleh orang-orang nomaden di Afrika. Hingga ditahun 1400 M mereka menemukan bahwa kopi tersebut bisa di proses dengan dibakar. Lalu di tahun 1500 Kopi menyebar ke Arab Saudi dan Di tahun 1650 kemudian menyebar hingga ke Eropa.

Di Eropa pada masa itu seperti mengalami trend untuk minum kopi khususnya di Inggris dari sana negeri tetangganya mengikuti trend tersebut. Hingga pertama kalinya negeri Belanda mulai mendirikan serikat dagang kopi dimana mereka menanami lahan di wilayah seperti srilanka, dan Jawa Indonesia sebagai lahan kopi mereka. Tradisi meminum kopi di pagi hari yang kita lihat sekarang, berasal dari trend dimasa lalu dan hidup hingga saat ini.

Lalu bagaimana dengan Teh? Sejarah teh sudah diketahui berasal dari Cina jauh sebelum Eropa mengenal kopi. Teh dari China pada awalya menyebar di wilayah Asia seperti India, Srilangka, Jepang, Korea dan negara yang berdekatan dengannya. Lalu kemudian, saat Portugis melakukan perjalanan ke Asia, mereka mengenalnya namun belum melihatnya sebagai sesuatu yang mahal. Hingga pada akhirnya Belanda melakukan ekspansi di tahun 1600an ke Asia dan menemukan teh sebagai komoditi dagang yang memiliki nilai jual dan membawanya ke Amsterdam.

Trend Minuman Pagi Yang Mendunia

Sampai sekarang teh dan kopi menjadi minuman pagi yang banyak diminati orang disegala penjuru dunia. Ada berbagai budaya minum teh dan kopi yang menyebar dan sudah kita kenal. Di Indonesia sendiri teh ditanam oleh pedagang belanda yang membawa bijinya dari negeri Jepang. Sedangkan kopi juga ditanam oleh bangsa Belanda yang membawanya sebagai komoditi untuk perdagangan.

Di Eropa lebih mengenal kopi dahulu sebelum teh. Bahkan di tahun 1660 banyak kedai minuman yang melakukan promosi-promosi untuk teh dan kopi dengan menyertakan manfaatnya untuk kesehatan. Bahkan ritual minum kopi terjadi dimana saat era revolusi industri dimana para pekerja setelah meminum kopi di pagi hari membuat mereka terjaga sepanjang hari.

Sedangkan meminum teh di pagi hari sering dilakukan oleh bangsa Eropa di Inggris terutama kaum elit atau bangsawan. di awal abad ke 16 bangsawan Inggris sudah meminum teh di pagi hari, namun tidak semua bangsawan melakukannya. Baru pada abad ke 18 hampir semua bangsawan Inggris meminum teh di pagi hari.

Faktor sejarah yang sudah membentuk pemikiran seseorang dan kultur budaya menyebabkan teh dan kopi dianggap sebagai pilihan minuman di pagi hari. Hal ini kemudian dikenal dengan tradisi hingga sekarang. Kamu lebih suka kopi atau teh nih?

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim akan membantu menjawab pertanyaan itu. Siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://www.thekitchn.com/why-do-we-drink-coffee-for-breakfast-218823
https://www.huffpost.com/entry/the-history-and-etiquette_n_3751053
https://www.tea.co.uk/a-social-history#teatime
http://www.pbs.org/food/the-history-kitchen/history-coffee/
https://www.npr.org/sections/thesalt/2015/06/30/418660351/high-tea-afternoon-tea-elevenses-english-tea-times-for-dummies

3 tanggapan untuk “#TanyaKenapa – Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s