History · Society

Metode Feynman – 4 Cara Mempelajari Banyak Hal. Gimana Itu ?

Metode Feynman salah satu metode pembelajaran yang bisa dipakai semua kalangan. Salah satu kasus seperti siswa yang tidak bisa mengerti penjelasan guru. Dalam kasus itu ada dua asumsi yang bisa diterima, pertama adalah gurunya yang kurang bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami atau siswa memang kurang bisa memahami apa yang dijelaskan karena faktor luar. Lalu, bagaimana cara kita bisa mempelajari hal yang tidak kita sukai atau mengerti ?

Terkait metode :
Metode Produktifitas Ivy Lee – Metode Berusia 100 Tahun Lebih!
Metode Pengobatan Jaman Dulu Itu Seperti Apa Ya ? Ini Kisahnya !

Hasil gambar untuk Feynman method
Metode Feynman by www.pinterest.com

Siapa Feynman Itu ?

Richard Feynman merupakan pemenang Nobel Fisika yang berasal dari Amerika yang memenangkan penghargaan di tahun 1965 dengan Elektrodinamika Kuatum. Feynman ini lahir di New York yang berasal dari keluarga imigran. Orang tuanya berdarah Russia dan Polandia yang berimigrasi akhir abad ke 19.

Feynman menyelesaikan pendidikan sarjananya di Massachuset Institutte of Technology (MIT) di tahun 1939. Di tahun 1942 ia berhasil menyelesaikan pendidikan doktornya di Princeton University. Di kedua Universitas itu ia mempelajari ilmu fisika.

Feynman juga bekerja sebagai salah satu profesor di Caltec yang memberikan kuliah. Dalam memberikan kuliah dia dikenal sebagai seorang ilmuan yang bisa menjelaskan secara mudah ilmu fisika yang dianggap rumit. Ia menerapkan suatu metode yang kemudian dinamakan Metode Feynman dan ia juga gunakan metode ini dalam menyelesaikan gelar doktoralnya.

Terkait Metode :
Metode PERMA – Temukan Bahagiamu Di Sini.
Prinsip Pareto ? Ini Banyak Dipakai Di Perusahaan Sekelas Google.

Metode Feynman Isinya Apa Ya?

Metode yang dikenalkan olehnya ini ditulis dalam buku berjudul Genius: The Life and Science of Richard Feynman oleh James Gleick tahun 1993. Dalam metode ini ada 4 tahapan yang dilakukan agar bisa mempelajari banyak hal bahkan hal yang sulit sekalipun.

Terkait Metode:
Produktif Itu Perlu ! Jika Kamu Perlu Energi Produktif, Coba Metode Fika Dari Swedia.

  1. Pilih topik yang ingin dipelajari dan dimengerti : Catat hal yang kamu ketahui tentang topik itu. Tuliskan pada halaman baru jika ada hal lain atau baru yang berkaitan dengan topik yang sedang kamu pelajari.
  2. Berlatih mengajarkan topik yang dipelajari : Coba latihlah dirimu untuk menjelaskan pada seseorang (bisa kakak atau adik atau orang yang kamu kenal dekat, jika bukan guru) tentang topik yang sedang kamu pelajari. Coba latihlah dirimu menggunaka bahasa yang mudah dimengerti.
  3. Bacalah buku jika berhenti di tempat : Saat kamu berhenti ditempat dan masih bingung dengan materi yang dipejari, coba baca kembali bukumu sampai kamu memahami apa yang tengah dipelajari.
  4. Gunakan analogi sederhana : Untuk menguatkan pemahamanmu gunakan analogi sederhana dengan bahasamu yang mengaitkan fakta-fakta.

Dengan mencoba metode ini, semoga kamu bisa mempelajari banyak hal dengan mudah. Apa kamu punya metode lain ? Bisa di share di kolom komentar ya!

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim Editor akan membantu mencari jawabannya. Siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://mattyford.com/blog/2014/1/23/the-feynman-technique-model
https://www.scienceabc.com/humans/the-feynman-technique-how-to-learn-anything-new-in-four-easy-steps.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s