Sejarah Huruf ABC

Huruf ABC yang kita kenal sekarang memiliki cukup panjang cerita lho! Ya, sama seperti seorang artis kalau mau terkenal pasti jalan ceritanya tidak semulus kelihatannya. Hal ini juga berlaku pada huruf yang dipakai sekarang, sebelum setenar ABC yang sekarang berikut cerita masa-masa pembentukannya.

Hasil gambar untuk history of abc alphabet
Sejarah Huruf ABC by https://www.123rf.com

Abjad Yang Ditambah-Tambahkan

Sebelum ada abjad orang mengenal tulisan Cuneiform yang diwujudkan dalam lambang-lambang. Kemudian, pada masa awal tulisan yang dikenal dengan nama Proto-Sinatic digunakan di Mesir pada abad 1900-1800 SM. Abjad ini bernama Phoenician, yang hanya terdiri dari 22 huruf konsonan saja dan belum ada huruf vokal. Huruf ini kemudian dipercaya sebagai awal mula dari tulisan Hieroglyphs. Tulisan ini awalnya dibawa oleh
Phoenician Maritime, pedagang dari Lebanon, Syria dan Israel.

Baca juga:  Alien ? Mengapa Kita Tidak Menjumpainya ? Peneliti Punya Jawabannya !

Kemudian di abad 8 SM huruf ini menyebar sampai ke Yunani. Kemudian bangsa Yunani menambahkan huruf vokal dan menghapus beberapa huruf yang tidak perlu, agar pengucapan lebih mudah dan mengandung arti yang tidak ambigu. Bangsa Yunani ini yang kemudian menyebarkannya ke Bangsa Romawi yang kemudian dikenal dengan Huruf Latin dan mempengaruhi sistem bahasa dan penulisan di Dataran Eropa.

Apa Semua Pakai Huruf ABC ?

Sayangnya, huruf ABC tidak semuanya dipakai diseluruh dunia. Tapi sebagian besar termasuk indonesia menggunakan sistem penulisan latin ini. Kebanyakan negara yang tidak menggunakan huruf latin yaitu China, Jepang, Korea, Mongolia, dan beberapa lagi. Pada saat itu tulisan dari China sudah maju sebelum kedatangan phoenician sehingga menyebar ke negara-negara di Asia Timur.

Baca juga:  TanyaKenapa - Alasan Mengapa Teh Dan Kopi Dijadikan Minuman Pagi Hari.

Di Mesir sendiri Hieroglyphs yang merupakan sistem tulisan tertua di sana, tidak bisa bertahan lama. Sistem ini dengan cepat digantikan oleh tulisan latin ketika bangsa Romawi menduduki wilayah ini di abad ke 30 SM. Tulisan ini kemudian dianggap lebih mudah sehingga menyebar dan digunakan oleh warga Mesir.

Bagaimana bangsa yang lain ? Simak pada bahasan selanjutnya ya !

Bagi kalian yang memiliki pertanyaan seputar wawasan dunia, bisa ditanyakan di kolom komentar. Tim Editor akan membantu mencari jawabannya. Siapa tahu pertanyaan itu membuka wawasan bagi banyak orang.

Source:
https://curiosity.com/topics/why-is-the-alphabet-in-abc-order-no-one-knows-curiosity/
https://www.ancient.eu/alphabet/
http://www.todayifoundout.com/index.php/2013/09/the-origin-of-the-english-alphabet/

1 thought on “Tanya Kenapa-Ada Huruf ABC Di Alphabet Kita? Simak Sejarahnya!

  1. Ping-balik: #KamHis – Asal Kalimat Dengan Huruf Capslock Dianggap Emosional. Apa Kamu Salah Satu Yang Beranggapan Gitu? – Dinda Pranata

KOTAK POS